Rabu, 28 Agustus 2013

SBY Lantik Moeldoko Pekan Ini



SELASA, 27 AGUSTUS 2013 | 01:10 WIB


TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto memastikan Jenderal Moeldoko dilantik sebagai Panglima TNI pada pekan ini. Hal ini disampaikan pasca penerimaan anggota Dewan Perwakilan Rakyat terhadap pencalonan Kepala Staf Angkatan Darat pekan lalu.

"Minggu ini, pastinya tergantung Sekretariat Kabinet karena menyesuaikan jadwal Presiden," kata Djoko pada saat ditemui di Istana Negara, Senin, 26 Agustus 2013.

Moeldoko akan menggantikan Laksamana Agus Suhartono yang pensiun pada 25 Agustus. Sembilan fraksi di Komisi Pertahanan DPR menerima satu-satunya calon yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Moeldoko sendiri baru saja menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada 20 Mei lalu menggantikan Jenderal Pramono Edhie yang memasuki masa pensiun. Periode jabatan yang pendek tak menjadi pertimbangan Dewan dalam memilih Moeldoko. Karir Moeldoko dinilai lambat karena lama menjadi pejabat di Lembaga Ketahanan Nasional.

Jenderal Agus Suhartono menjadi Panglima TNI sejak 28 September 2010 menggantikan Jenderal Djoko Santoso. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut sejak 9 November 2009. (FRANSISCO ROSARIANS)