Rabu, 14 Agustus 2013

Aparat TNI AD di Paser Kaltim Gerebek Pesta Sabu, 13 Orang Diamankan



Selasa, 13/08/2013 03:10 WIB


Samarinda, - Aparat Kodim 0904/TNG di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menggerebek sebuah rumah di Tanah Grogot, Paser, yang diduga sedang berlangsung pesta sabu. Sebanyak 13 orang dalam keadaan teler diamankan, 6 diantaranya perempuan.

Penggerebekan itu dilakukan 15 anggota TNI di Jl DI Panjaitan, Gang Surya RT 17 Desa Tapis, Kecamatan Tana Paser, Paser, pada Kamis (8/8/2013) lalu.

"Saya bentuk tim yang saya pimpin sendiri untuk menggerebek rumah itu. Sempat dikabarkan ada 2 pucuk senpi, kita waspada dan kita juga melengkapi dengan senjata api laras panjang," kata Komandan Kodim 0904/TNG Tanah Grogot, Letkol (Inf) Nasrullah Nasution, saat dihubungi detikcom, Senin (12/8/2013) malam.

Nasrullah mengatakan, di dalam rumah tersebut, 14 orang sedang tidak sadarkan diri dan diduga di bawah pengaruh narkoba, tidak banyak memberikan perlawanan kepada petugas. Enam diantaranya adalah perempuan.

"Satu dari 6 perempuan itu berinisial TH (38) adalah ibu rumah tangga. Dia diduga adalah salah satu bandar besar narkoba di Paser ini. Dia juga dikabarkan adalah pemasok narkoba jenis sabu ke kalangan elit di Paser. Tapi kabar itu belum bisa dibuktikan," ujar Nasrullah.

"Saat kita mengamankan 13 orang dari dalam rumah itu, kita juga melakukan tes urine. Hasilnya, 11 orang positif diduga telah menggunakan narkoba. Dua orang lainnya adalah pembantu rumah tangga, hasilnya negatif," tambahnya.

Masih dari dalam rumah tersebut, aparat TNI tidak pulang dengan tangan kosong setelah berhasil mengamankan barang bukti antara lain sepucuk senjata air soft gun beserta amunisinya, 10 ponsel, 1 buah senjata tajam jenis badik, 2 korek gas, 4 alat hisap sabu atau bong, 1 bungkus berisi sabu 50 gram, 29 bungkus berisi masing-masing 0,5 gram sabu, 12 bungkus masing-masing 1,5 gram sabu dan sebungkus sabu seberat 10 gram.

"Bungkus sabu itu berada di dalam kaleng dan ditenggelamkan di dalam bak kamar mandi. Kemudian datang anggota Polres Paser dan diakui TH sabu itu adalah miliknya," sebut Nasrullah.

"Kita juga sita catatan buku transaksi pemesanan narkoba dan bukti transfer. Juga ada kita sita 5 lembar uang Dolar Amerika pecahan 10 Dolar Amerika," terangnya lagi.

Masih dijelaskan Nasrullah, penggerebekan ini menyusul adanya informasi masyarakat bahwa di rumah TH, tengah berlangsung pesta sabu. Seluruh yang diamankan dan barang bukti yang disita, telah diserahkan ke Polres Paser untuk ditindaklanjuti.

"Sedangkan kalau rekan aparat kepolisian melakukan operasi narkoba, seringkali bocor dan saya berinisiatif membentuk tim. Pak Kapolres (Paser) juga pernah mengatakan kepada saya terkait itu," tutup Nasrullah. Sumber : www.detik.com