Rabu, 14 Agustus 2013

Mulai Kampanye Pagi Ini, 33731 Anggota Polri-TNI Amankan Pilkada Jawa Timur



Senin, 12 Agustus 2013 04:05 WIB


Pilkada Jawa TimurSURABAYA - Sebanyak 26.531 orang polisi dan 7.200 Tentara Nasional Indonesia (TNI) diterjunkan guna mengamankan rangkaian Pemilihan Gubernur Jawa Timur yang mulai melakukan kampanye pada Senin (12/8/2013).

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Unggung Cahyono menguraikan pengamanan kampanye akan dilakukan Senin-Minggu (12-25/8/2013) di semua wilayah secara maksimal.

"Kami juga akan mendapat tambahan empat kompi dari Jateng dan DIY untuk memperkuat pengamanan di Kota Probolinggo, Mojokerto, Madiun dan Kediri," jelas Unggung seusai apel pasukan pengamanan kampanye di Mapolda Jatim, Minggu (11/8/2013).

Keempat daerah itu, sambungnya, memasuki masa kampanye pemilihan walikota Senin besok. Akibat waktu bersamaan maka area kampanye dan zonasi dibagi ketat, termasuk pengamanannya.

Unggung juga memberi perhatian lebih di Sumenep maupun Gresik karena memiliki pulau terpencil.  "Tentu kami akan lakukan pergeseran melihat situasi di lapangan," jelasnya soal strategi pengamanan.

Disinggung soal penggunaan senjata api, Unggung menegaskan tidak akan menggunakan senjata api guna menangani benturan di lapangan. Bahkan, penggunaan gas air mata juga opsi terakhir setelah dilakukan pendekatan persuasif.

Sementara itu, dalam gelar pasukan di Mapolda Jatim, diperagakan tahapan penanganan kerusuhan, bentrok antarpendukung, penjinakan bom hingga penanganan pascakerusuhan.

Seperti diketahui pemilihan Gubernur Jatim untuk masa jabatan 2014-2019 dilakukan 29 Agustus mendatang. Adapun peserta dalam gelaran itu yakni Soekarwo-Saifullah Yusuf, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat dan Khofifah-Herman Sumawiredja. Sumber : thegloubejournal.com