Kamis, 05 September 2013

Wiranto: Lepas Jabatan dan Baju TNI, Baru Terjun ke Politik

Rabu, 04 September 2013 11:39 wib

JAKARTA - Mantan Panglima TNI Wiranto mengimbau kepada para anggota TNI yang memutuskan terjun ke dunia politik, untuk segera mencopot jabatannya.

Wiranto mengatakan bahwa saat tengah menjabat sebagai pimpinan TNI, dia membuat peraturan bahwa setiap pejabat militer yang masih aktif harus melepas jabatannya jika hendak terjun ke politik.

"Kalau ada prajurit TNI yang mau masuk ke ranah politik harus lepas jabatan, lepas baju, baru jadi politisi, harus seperti itu. Saya yang membuat peraturan para pejabat militer yang masih aktif dalam jabatan strukrtural harus lepas jabatan," ungkap Wiranto kepada Okezone, Rabu (4/9/2013).

Menurutnya, jika seorang prajurit TNI aktif masuk ke dalam dunia politik akan mengganggu solidaritas dan persatuan di tubuh TNI. Dia juga menyayangkan jika ada oknum dari berbagai elemen yang mengajak anggota TNI untuk turut serta dalam politik.

"Dulu, saya justru yang menentang keras saat ada keinginan TNI boleh memilih. Saya tahu bahwa membawa TNI ke ranah politik praktis akan mengganggu soliditas, akan mengganggu persatuan TNI,"tegasnya.

Dalam sambutannya pada Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab), Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengimbau agar para anggota TNI tidak terjun dalam dunia politik. Menurutnya jika seorang anggota TNI telah memasuki ranah politik membuat dirinya tidak netral. (sus)