Jumat, 06 September 2013

TNI AD Gelar Operasi Katarak



Banjarmasin,   Selain berperang dan men­gamankan wilayah teritorial, TNI AD, ingin turut mengabdikan diri lebih dekat dengan masyarakat­nya. Karenanya, dari berbagai kegiatan seperti turut membangun pedesaan, kali ini TNI mengge­lar kegiatan bakti sosial operasi katarak sekala besar bagi lapisan masyarakat diwilayah Kalsel, hal itu diungkapkan Panglima Dae­rah Militer (Pangdam) IV Mulawarman, Mayjen TNI Dicky W Usman, pada wartawan, usai memulai kegiatan operasi kata­rak sekala besar, di RS TPT Soeharsono Banjarmasin, Selasa (3/9).

Dikatakan Pangdam, bakti sosial gratis bagi 1036 pasien pen­derita katarak yang juga didu­kung pihak pemerhati sosial baik luar, pusat dan daerah tersebut dilaksanakan hingga Kamis (5/9).

Untuk memudahkan berjalan­nya operasi, jajaran TNI, memil­ih dan memusatkan pelaksaan pengobatan di Rumah Sakit TPT Soeharsono Banjarmasin, yang dinilai memiliki fasilitas dan ke­layakan yang memadai.

"Kita kan tau masyarakat ke­cil itu banyak terkendala.Selain biaya, mereka juga takut kalau dioperasi.Makanya, ketika ma­syarakat susah kita bantu su­paya mudah, dan itu juga salah satu kemanunggalan TNI," kata Pangdam.

Selain itu dijelaskan, 1036 pasien katarak yang berdatan­gan, merupakan hasil kerja yang direkrut oleh masing-masing Babinsa didesa-desa dari 13 ka­bupaten dan kota se-kalsel, hing­ga dilakukan tahapan secrening pada Kodim masing-masing pula. (ck-231), Sumber Koran: Pelita (06 September 2013/Jumat, Hal. 13)