Senin, 09 September 2013

Patroli Kali Ciliwung Dimulai Pekan Ini



MINGGU, 08 SEPTEMBER 2013 | 12:36 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan patroli kali kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) akan dimulai pekan ini. Dia mengatakan sudah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan TNI AD. "Nanti ada kapal patroli gabungan dari TNI AD, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran razia di kali-kali," kata Jokowi, di Balai Kota, pada Ahad, 8 September 2013. Tujuannya, Jokowi melanjutkan, untuk mengawasi masyarakat, khususnya agar tidak membuang sampah di kali.
Bayangkan, kata Jokowi, total sampah Jakarta per harinya mencapai 6.000 ton. Parahnya, 2.000 ton dari jumlah tersebut dibuang ke sungai. Hal inilah yang dituding menjadi salah satu penyebab banjir.

Jokowi menjelaskan, program patroli ini bagian dari proyek normalisasi Kali Ciliwung. Sebab, penanganan tidak cukup tanpa pencegahan. Rencananya patroli akan fokus di Kali Ciliwung terlebih dahulu.

Kepala Dinas Kebersihan Unu Nurdin mengatakan dengan patroli ini akan memberi efek jera kepada masyarakat. "Karena masyarakat yang kedapatan buang sampah akan kena tindak pidana ringan," katanya. Untuk itu, DKI juga menggandeng kepolisian. Alasannya, kewenangan DKI sangat terbatas jika langsung melakukan penindakan. Hanya, Unu menekankan, bukan sanksi yang jadi tujuan utama program ini, tapi kesadaran masyarakat. (SYAILENDRA)