Rabu, 04 September 2013

Kodam Mulawarman Tertibkan Preman Tambang

Selasa, 03 September 2013 | 14:12 WIB

Metrotvnewsw.com, Banjarmasin: Kodam IV Mulawarman akan menertibkan oknum serta preman di bisnis pertambangan dan perkebunan yang mengatasnamakan TNI. 

Penertiban juga akan dilakukan terhadap Organisasi Masyarakat (Ormas) yang berbau militer.

Banyak ormas dan oknum tertentu yang bertindak mengatasnamakan TNI, sehingga membuat citra TNI buruk. Militer itu hanya satu, TNI," kata Pangdam IV Mulawarman Majen TNI Dicky Wainal Usman di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (3/9).

Menurutnya, selama ini sepak terjang oknum dan ormas yang berbau militer merugikan masyarakat dan membuat citra TNI menjadi buruk. Omas dan oknum yang mengaku TNI itu beroperasi di sektor pertambangan dan perkebunan.

"Saya mendapatkan mandat dari Mabes TNI untuk menertibkan keberadaan oknum dan ormas yang mengatasnamakan TNI tersebut," tuturnya. 

Pangdam mengatakan, di zaman keterbukaan dan era demokrasi saat ini, tindakan militerisasi terhadap rakyat tidak diperbolehkan. Ormas-ormas yang menggunakan atribut dan bertindak seperti militer, ujarnya, harus ditertibkan. 

"Kecuali nanti pemerintah menerbitkan undang-undang tentang pembentukan komponen cadangan TNI untuk kepentingan perang, maka mereka akan kita didik sebagai militer," tambahnya. (Denny S Ainan & Editor: Patna Budi Utami)