Rabu, 04 September 2013

Freedom Flotilla Diya¬kini Tidak ke Papua

JAYAPURA - Kapal Freedom Flotilla yang dikabarkan mem¬bawa aktivis Papua Merdeka diyakini tidak akan masuk ke Papua, kata Panglima Koman¬do Daerah Militer (Pangdam) XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Christian Zebua.

"Saya yakin kapal tersebut tidak akan memasuki wilayah perairan Indonesia, apalagi sampai ke Papua," ujarnya ketika dihubungi Antara News melalui telepon selulernya, Senin (2/9) malam.

Dikemukakannya, Kodam Cenderawasih siap membantu polisi dan imigrasi seandainya kapal tersebut tetap memasu¬ki wilayah perairan Indonesia tanpa dilengkapi dengan surat izin sesuai hukum interna¬sional.

Keterangan senada dikemukakan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Dan Lantamal) Jayapura, Laksamana Pertama TNI IG Putu Wijamahaadi, bahwa tidak ada operasi khusus guna mencegah ke¬datangan kapal tersebut dari Australia.

"Tidak ada operasi khu¬sus, karena itu TNI AL hanya melakukan patroli rutin di sekitar perairan Papua, baik di pantai utara maupun selatan," ujarnya. (Ant), Sumber Koran: Sinar Harapan (03 September 2013/Selasa, Hal. 05)