Selasa, 06 Agustus 2013

TNI Dilibatkan Pengamanan Lebaran 2013



Selasa, 06 Agustus 2013 , 03:03:00


JAKARTA - Kadispenum Puspen TNI,(Kol) Cpl Minulyo Suprapto, mengatakan guna pengamanan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1434, TNI mengerahkan sejumlah personel tersebar di beberapa wilayah bersama aparat Polri, khususnya dari akses kota Jakarta menuju beberapa kota besar di Indonesia.

"Pengerahan sejumlah personel ini sesuai dengan instruksi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, kepada satuan bawah di jajaran TNI untuk ikut membantu Polri dalam rangka mengamankan mudik Lebaran 2013," kata (Kol) Cpl Minulyo Suprapto, di Jakarta, Minggu (5/8).

Keterlibatan anggota TNI dalam pengamanan arus mudik lebaran 2013 ini lanjutnya, sesuai pula dengan hasil koordinasi dan permintaan pihak Polri. Masing-masing angkatan telah mengerahkan beberapa personel maupun alutsistanya.

Untuk TNI AD misalnya, menurut Minulyo Suprapto telah mengerahkan 2/3 pasukan di setiap Kodam untuk pengamanan Idul Fitri 2013 guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. "Bahkan Kodam IV/Diponegoro, Jawa Tengah menyiapkan seluruh Kantor Kodim untuk dijadikan tempat istirahat bagi para pemudik yang melintasi wilayah tersebut," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak H-7 dan H+7 secara bergiliran. Tidak ketinggalan unit intelijenpun juga diterjunkan untuk memantau selama arus mudik dan arus balik di beberapa titik kerawanan. Aksi serupa juga dilakukan beberapa Kodam yang lain di Indonesia, imbuhnya.

Disamping itu, TNI AD juga menyiapkan personel Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang siap terjunkan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di sejumlah titik rawan. "Seluruh pasukan Kostrad tersebut, saat ini dikumpulkan di Markas Divif 1 Kostrad  Cilodong, Depok. Hal ini dimaksudkan mengantisipasi kecepatan pergerakan pasukan bila sewaktu-waktu diperlukan," ujar Minulyo Suprapto.