Jumat, 16 Agustus 2013

RI KBI-971 Embarkasi Pasukan Yon Linud 432/WSJ Makassar




Jakarta,   KRI Tanjung Kambani (KBI)-971 Salah satu unsur jaja­ran Komando Lintas Laut Mi­liter (Kolinlamil) yang tengah melaksanakan pergeseran pa­sukan (Serpas) dalam rangka pengamanan perbatasan (Pamtas) Merauke di Wilayah Propinsi Papua, saat ini tengah melaku­kan embarkasi pasukan Batalyon Infanteri Lintas Udara 432/ Waspada Setia Jaya (Yonif Linud 432/WSJ) Makassar, di Terminal Penumpang Pelabuhan Sukamo Hatta, Makassar, Kamis (15/8).

Batalyon Infanteri Lintas Uda­ra 432 / Waspada Setia Jaya (Yonif Linud 432/WSJ) merupakan ba­gian dari Brigade Infanteri Lint­as Udara 3/Tri Budi Sakti yang merupakan satuan di bawah Kostrad dan bermarkas di Kabu­paten Maros, Sulawesi Selatan.

Menurut Komandan KRI Tan­jung Kambani, pergeseran pasukan Linud Yon 432, Waspada Setya Jaya, Makassar merupak­an salah satu tugas pokok Kolin­lamil dalam mengangkut sejumlah personel dan material pasu­kan ke daerah perbatasan dalam rangka menjaga keamanan di Wilayah perbatasan NKRI.
Sebelumnya KRI Tanjung Kambani yang dikomandani Let­kol Laut (P) Teguh Iman Wibowo, tolak menuju Makassar dari Der­maga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, hari Senin lalu (12/8). Dan selama pelayaran juga melaksanakan peran-peran ser­ta pemeriksaan kapal-kapal niaga yang melintas di perairan NKRI.

Dukungan Kolinlamil melalui pengerahan salah satu unsur ka­pal perang ini merupakan bagian dari tugas pokoknya yaitu mem­bina kemampuan sistem angku­tan laut militer, membina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, melaksanakan angkutan laut TNI dan Polri yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif mau­pun taktis strategis serta melak­sanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pem­bangunan nasional. (ay), Sumber Koran: Pelita (16 Agustus 2013/Jumat, Hal. 16)