Senin, 19 Agustus 2013

Kodim 0505/JT berikan bantuan pendidikan



Sabtu, 17 Agustus 2013 18:35 WIB (2 hari yang lalu)Editor: Agus Irawan

LENSAINDONESIA.COM:Dalam peringatan HUT ke 68 Kemerdekaan RI yang jatuh pada Sabtu (17/8/13) Kodim 0505/JT menyelenggarakan berbagai kegiatan. Upacara pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan di lapangan upacara Makodim 0505/JT di Jalan. Dr. Sumarno, Pulogebang, Jaktim berlangsung dengan warna yang sedikit berbeda. Sebagai pimpinan upacara oleh Kasdim 0505/JT, Mayor Inf Winaryo SE tersebut melibatkan komponen masyarakat sipil dan mitra Kodim 0505/JT.

Sementara itu, Dandim 0505/JT Letkol Arh Hamim Tohari MA mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih di halaman kantor Walikota Jaktim bersama dengan unsur Muspiko Jakarta Timur.

Pada kesempatan terpisah setelah selesainya rangkaian kegiatan upacara pengibaran bendera, Dandim 0505/JT Letkol Arh Hamim Tohari MA mengatakan,bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah momentum nasional dimana seluruh warga negara memiliki hak dna kewajiban yang sama untuk merayakannya. Dengan demikian, makna nasionalisme akan semakin terasa apabila kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI dilakukan secara bersana sama antar elemen masyarakat.

“Disamping itu, ada harapan bahwa perayaan HUT Kemerdekaan RI secara bersamaan dengan seluruh komponen masyarakat dapat menjadi wahana perekat persatuan dan persaudaraan antar masyarakat, khususnya di Jakarta Timur yang pada beberapa hari belakangan di nodai dengan tawuran antar warga di berbagai tempat,”kata Dandim 0505/JT.

Dandim 0505/JT menjelaskan,bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dimaksudkan untuk memotivasi putra putri anggota Kodim 0505/JT, agar senantiasa memelihara dan meningkatkan semangat belajar di sekolah, guna mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

“Sebenarnya di tengah tengah kondisi kehidupan sosial bangsa Indonesia saat ini, aspek terpenting dari pendidikan putra putri bukanlah mengejar angka angka yang tertera di ataskertas rapor atau NEM, tetapi yang lebih penting dari itu adalah aspek pendidikan karakter, agar generasi muda bangsa Indonesia lebih memiliki ketahanan moral dan mental di tengah tengah pengaruh negatif dinamika sosial yang sedang terjadi,”jelasnya.

Selesai kegiatan upacara pengibaran bendera merah putih, Dandim 0505/JT memimpin acara penyerahan bantuan pendidikan dari primer koperasi kepada putra putri anggota Kodim 0505/JT yang berprestasi di sekolah masing masing mulai dari tingkat SD hingga SMU.

Sebagai kegiatan tambahan dari rangkaian peringatan HUT ke 68 Kemerdekaan RI tahun 2013 di Kodim 0504/JT dilaksanakan pemberian santunan kepada sekitar 50 orang veteran dan keluarganya sebagai bentuk ikatan tali asih dan penghargaan kepada jasa jasa para generasi tua dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. Dan tak lupa, Kodim 0505/JT juga mengadakan berbagai perlombaan tradisional, mulai dari balap karung, hingga panjat pinang yang diikuti oleh para prajurit, PNS, keluarga dan masyarakat sekitar Makodim 0505/JT.