Selasa, 20 Agustus 2013

Jenderal Moeldoko Bebas Pelanggaran HAM dan tak Korupsi

Senin, 19 Agustus 2013 23:51 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR Mayjen (Purn) TB Hasanuddin, menemui Ketua Komnas HAM dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (19/8/2013).

Pertemuan dalam rangka persiapan fit and proper test calon panglima TNI pada 21 Agustus 2013, khususnya mengenai Jenderal TNI Moeldoko.

Menurut keterangan TB Hasanuddin, dari kedua pejabat tersebut didapat informasi positif. Pertama dari ketua Komnas HAM, bahwa sampai hari ini Komnas HAM tidak pernah mendapatkan laporan atau pengaduan dari masyarakat mengenai Jenderal TNI Moeldoko.

"Kedua, mengenai informasi tentang Operasi Sajadah ketika yang bersangkutan menjabat Pangdam Siliwangi, Komnas HAM telah melakukan investigasi, tapi dianggap tidak terdapat pelanggaran. Tidak menemukan bukti," ungkap TB Hasanuddin  kepada Tribunnews.com, Senin (19/8/2013).

Dengan demikian, lanjutnya, Jenderal TNI Moeldoko tak memiliki masalah pelanggaran HAM.

Selanjutnya, Ketua KPK Abraham Samad menyatakan TNI sejak dulu telah melakukan MoU dengan KPK. TNI komitmen mendukung upaya-upaya pemberantasan korupsi.
Kedua, menyangkut personel, khususnya Jenderal TNI Moeldoko sebagai calon Panglima TNI, sampai hari ini rekam jejaknya tak ada masalah.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Yaspen Martinus