Senin, 05 Agustus 2013

Goliat Tabuni dalang penembakan ambulans



SATURDAY, 03 AUGUST 2013 03:23                                      

TIMIKA - Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Sebua menduga kelompok Goliat Tabuni sebagai dalang penembakan terhadap kendaraan ambulans di kawasan Puncak Senyum, Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Rabu (31/7).

Kepada wartawan di Timika, Jumat, Pangdam Cenderawasih Christian Sebua mengatakan mendapat informasi bahwa pelaku penyerangan terhadap kendaraan ambulans yang sedang membawa warga yang sakit dari Tingginambut ke RS Mulia itu berasal dari kelompok Goliat Tabuni.

Goliat Tabuni selama ini dikenal sebagai pimpinan kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) yang biasa berulah di kawasan Kabupaten Puncak Jaya.

"Saya dengar itu dilakukan oleh kelompok Goliat Tabuni," kata Christian Sebua.

Menurut Pangdam Cenderawasih, para prajurit TNI yang bertugas di wilayah Papua harus mengedepankan sikap profesionalisme dalam bertugas.

Keberadaan prajurit TNI di suatu wilayah, katanya, untuk kepentingan melindungi rakyat dari berbagai ancaman, termasuk ancaman kelompok sipil bersenjata.

"Dimana tentara ada, rakyat harus terlindungi. Rakyat tidak boleh diganggu, rakyat tidak boleh ditakut-takuti dan rakyat tidak boleh disakiti," katanya.

Jika masyarakat merasa terancam oleh intimidasi atau teror kelompok sipil bersenjata, maka prajurit TNI berkewajiban untuk menghadapinya secara profesional.

"Bilamana ada yang mengusik rakyat, maka harus dihadapi secara profesional, keras dan tegas," kata Pangdam. (dat16/antara)