Senin, 05 Agustus 2013

750 Personel Gabungan Siap Amankan Mudik



02 Agustus 2013 | 05:28 wib

KENDAL, suaramerdeka.com - Sekitar 750 petugas gabungan siap mengamankan jalannya arus mudik/balik Lebaran mendatang. Mereka yang terdiri atas Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, dan, Dinas Kesehatan, dan pramuka akan ditempatkan di seluruh pospam maupun sub pospam yang tersebar di Kabupaten Kendal. Sebelumnya mereka juga menerima pengarahan dari pemimpin masing-masing.

Petugas gabungan tersebut akan bekerja mulai H-7 hingga H+7 Lebaran 2013. Mereka pagi hari sebelumnya melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2013 di halaman Mapolres Kendal, Kamis (1/8). Dimulainya Operasi Ketupat Candi ditandai dengan pemberian pita biru kepada perwakilan petugas. Kapolres Kendal AKBP Asep Jenal Ahmadi berhalangan hadir, karena sedang sakit.

Lektol Kav Wiratno yang membacakan sambutan Kapolri Jenderal Timur Pradopo, mengatakan, apel gelar pasukan merupakan salah satu upaya untuk mengetahui kesiapan personel sebelum diterjunkan ke pospam maupun sub pospam. Dia mengatakan, Hari Raya Fitri setiap tahun selalu ditandai dengan aktivitas masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan, termasuk pasar.

Selain itu juga terjadi peningkatan jumlah kendaraan di jalan raya. Berdasarkan evaluasi pada Lebaran 2012, banyak terjadi kasus pencurian rumah kosong yang ditinggal pemiliknya, perampokan, dan sweeping yang dilakukan oleh kelompok tertentu. ''Angka kecelakaan yang didominasi kendaraan roda dua juga cukup tinggi. Petugas harus lebih fokus dalam pengamanan selama berlangsungnya arus mudik/balik,'' katanya.

Sementara itu, Kapolres Kendal AKBP Asep Jenal Ahmadi melalui Kabag Ops Kompol Agus Triyono, mengatakan, pihaknya mengantisipasi kawasan pasar tumpah khusus di Pasar Cepiring. Sebab, pasar tumpah di sana, lokasinya dekat dengan jalan raya dan tidak ada jalur alternatif seperti di Kaliwungu dan Weleri.
Pihaknya bersama instansi terkait memasang pembatas jalan dan mengatur pedagang supaya tidak menggelar barang dagangan mereka hingga ke badan jalan. ''Di Pasar Cepiring juga akan ditempatkan petugas gabungan dalam sub pospam,'' kata dia.

Dia menambahkan, Polres Kendal menyiapkan 550 anggota Polri untuk ikut mengamankan jalannya arus mudik/balik Lebaran. Mereka akan bertugas mulai 2-17 Agustus. Polres juga menyiapkan petugas yang berpatroli menggunakan sepeda motor dilengkapi dengan senjata. Hal itu untuk mengantisipasi tindak kejahatan selama berlangsungnya Operasi Ketupat Candi 2013. (Rosyid Ridho/CN26)