Jumat, 18 Oktober 2013

Terlalu Rahasia, Lemsaneg Minta DPR Gelar Rapat Tertutup



Kamis, 17/10/2013, 22:30


Kepala Lemsaneg Mayjen TNI Djoko Setiadi meminta agar Komisi II DPR dapat menggelar rapat tertutup.

Permintaan itu disampaikan Djoko saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10).

Djoko mengatakan, pihaknya bisa menjelaskan bagaimana model pengamanan data pemilu 2014 yang akan ditangani Lemsaneg. "Untuk menjelaskan bagaimana sebenarnya pengamanan data itu terjadi, kami akan jelaskan. Tapi dalam forum tertutup," pinta Djoko.

Sontak, permintaan Djoko diprotes anggota Komisi II DPR, salah satunya Rahadi Zakaria. Politikus PDIP itu mengaku heran dengan permintaan Djoko.

"Kalau wartawan dilarang (meliput rapat), ini kan tambah lucu. Kita sendiri yang minta agar semuanya dibuka, tapi ini kok malah tertutup. Kan tinggal dibilang off the record, tapi mereka mengetahui prosesnya," kata Rahadi.

Meski mendapat protes keras, Djoko tetap pada pendiriannya. Djoko mengatakan, bila Lemsaneg diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan, DPR dan KPU nantinya dapat menyampaikan keterangan kepada publik.

Alhasil, Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo menyetujui permintaan Djoko. "Kalau memang dinilai Lemsaneg harus tertutup kita ikuti saja dulu," kata Arif. (ali)