Jumat, 18 Oktober 2013

PEMBAHASAN ANGGARAN_Anggaran Kemhan Rp 83 Triliun



JAKARTA,Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pembahasan Rencana Anggaran dan Kementerian Lembaga (RAKL) Kementerian Pertahanan dengan Komisi I DPR pada Ka­mis (17/10) berlangsung tertutup. Dalam pembahasan itu, DPR me­nyetujui anggaran Kemhan se­besar Rp 83 triliun.

Beberapa rapat mengenai ang­garan yang digelar sebelumnya biasanya terbuka seperti rapat pada 11 September 2011 dan 1 Juni 2012.Wakil Ketua Komisi I Tubagus Hasanuddin yang me­mimpin rapat merasa tidak ada yang penting dalam rapat ter­sebut.Rapat itu hanya menjadi formalitas penyetujuan anggaran yang sudah diajukan sebelumnya. "Saya tanya ke forum, tapi diminta untuk tertutup. Saya pikir, terbuka juga sebenarnya tidak masalah, tidak ada yang rahasia," kata Hasanuddin.

Seorang anggota Komisi I yang enggan disebutkan namanya mengatakan, permintaan rapat tertutup datang dari sekretariat Komisi.Rapat yang dimulai se­lepas pukul 10.00 itu berlangsung sekitar dua jam.Dalam rapat tersebut dibahas pengadaan be­berapa persenjataan TNI terma­suk helikopter Apache."Banyak pertanyaan yang lain-lain juga, tapi tidak membahas satuan ti­ga," kata Hasanuddin.

Saat ditanyakan, Menteri Per­tahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pihaknya menye­rahkan kesimpulan akhir pada Komisi I DPR "Silakan Tanya Komisi bagaimana kesimpulan­nya," kata Purnomo.

Ditanya soal keputusannya, Hasanuddin mengatakan, "Kepu­tusannya cuma bahwa Komisi I menyetujui RAKL Kemhan se­besar Rp 83 triliun. "Namun, pembahasan soal anggaran pun bersifat umum, tidak masuk pada peralatan secara rinci.Yang ada hanya pembagian anggaran di TNI AD, TNI AL, TNI AU.

Selain itu, TNI juga menda­patkan anggaran untuk persiapan dan pelaksanaan pemilu sebesar Rp 100 miliar.Dana tersebut ber­sifat siap dipakai.Artinya, ang­garan bisa dipergunakan TNI kalau TNI diminta untuk ikut serta dalam pengamanan."Kalau diminta saja," kata Ha­sanuddin.(EDN), Sumber Koran: Kompas (18 Oktober 2013/Jumat, Hal. 05)