Selasa, 01 Oktober 2013

Ledakan Mercon Bondowoso, Gaji TNI Dipertanyakan



Senin, 30 September 2013 | 16:00 WIB


INILAH.COM, Jakarta - Ledakan mercon di Bondowoso yang merenggut nyawa Anggota TNI, Serka Agus Suryadi harus diusut tuntas. Akibat kesalahan manusia atau ada penyebab lain?

Anggota Komisi I asal PAN, Chandra Wijaya mendesak Panglima TNI Jenderal Moeldoko untuk melakukan evaluasi internal terkait peristiwa ledakan mercon di Bondowoso, Jawa Timur.

Dimana, ledakan yang terjadi pada Minggu kemarin (29/09/2013) di Gang Malabar, RT-22/RW-07, Kelurahan Kutokulan, Kecamatan Bondowoso, cukup dahsyat.

Terdapat dua korban jiwa yakni Serka Agus serta Tara, siswa kelas 6 SD . Sedikitnya 20 rumah mengalami kerusakan cukup parah.

"’Kita minta Panglima TNI yang baru ini, lakukan evaluasi. Bagaimana dengan disiplin serta penegakan aturan di jajarannya,’’ tutur Chandra kepada INILAH.COM, Senin (30/09/2013).

Dalam persitiwa itu, ditemukan adanya bahan baku petasan tersimpan di rumah Serka Agus. Yang diduga kuat menjadi pemicu ledakan hebat itu. Tentu saja, peristiwa ledakan Bondowoso merupakan tamparan keras bagi TNI.

"’Kita tidak tahu, apakah benar yang bersangkutan itu menjadi penadah atau penjual mercon. Apa gajinya tidak cukup? Padahal, anggaran TNI di APBN 2013 terbesar dibanding institusi lainnya. Ini harus dibenahi. Harusnya antara belanja senjata dan kesejahteraan tentara bisa seimbang,’’ terangnya. [gus]