Selasa, 01 Oktober 2013

Kerugian Korban Ledakan Bondowoso Ditanggung Kodam Brawijaya



Senin, 30 September 2013, 22:56


VIVAnews - Kodam V/Brawijaya berjanji menanggung semua biaya kerugian akibat ledakan yang terjadi di  Gang Malabar, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Kota, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu kemarin 29 September 2013.

Kapendam V/Brawijaya, Kolonel Artileri Totok Sugiarto, Senin 30 September 2013, menyatakan bahwa selain menanggung biaya korban jiwa, dan korban yang luka, Kodam Brawijaya juga menanggung semua kerusakan akibat ledakan.

Untuk memastikan berapa kerugian materi yang disebabkan akibat ledakan itu, pihak Kodam V mengerahkan tim untuk melakukan pendataan. "Ini adalah bentuk tanggung jawab sosial TNI-AD atas peristiwa yang melibatkan anggota kami," ujar Totok.

Dari catatan yang dimiliki Kodam V/Brawijaya, ledakan akibat petasan yang berasal dari kediaman seorang anggota Badan Pembina Desa (Babinsa) Koramil Curahdami, Kabupaten Bondowoso. Ada enam rumah milik warga rusak, termasuk dindingnya roboh, dan 42 rumah lainnya rusak ringan.

Menurut Totok, ledakan berasal dari petasan yang disimpan di rumah korban. Petasan siap pakai yang masih tersisa dua karung itu rencananya digunakan untuk meramaikan lebaran Idul Adha 15 Oktober 2013 mendatang.
Sebelumnya, dua korban tewas akibat ledakan bahan petasan di Bondowoso, Jawa Timur, anggota TNI Sersan Kepala Agus Suryadi, dan tetangganya, Mutiara Josefani, dimakamkan di desa setempat.

Mohammad Adam, Tudji Martudji (Surabaya)