Rabu, 16 Oktober 2013

Tempat Rest Area Presiden di Gunungkidul Mulai Disterilkan



Selasa, 15 Oktober 2013 11:56 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pengamanan rute yang akan digunakan untuk jalur pulang kampung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Pacitan yang melalui Gunungkidul terlihat sangat ketat.

Ratusan petugas dari TNI, Paspampres, Polisi hingga tim Jihandak dari Kodam Diponegoro mulai menyeterilkan Bangsal Sewoko Projo yang akan dijadikan sebagai rest area rombongan keprisedenan.

Seluruh ruagan diperiksa untuk memastikan keamanan presiden beserta rombongan. Sementara di halaman, kendaraan taktis Barracuda dari brimob, ambulans, kendaraan pemadam kebakaran terlihat disiapkan untuk mendukung pengamanan. Sementara petugas baik dari kepolisian maupun TNI yang bersenjatakan lengkap terus melakukan penjagaan.

Komandan Kodim 0730 Gunungkidul, Letkol Arh Herman Toni mengatakan, Bangsal Sewokoprojo hanya dipersiapkan sebagai lokasi rest area saja. Belum ada kepastian apakan rombongan presiden akan mampir atau tidak.

“Kita hanya menyiapkan saja jika rombongan presiden hendak menggunakan Bangsal Sewokoprojo. Semua intansi dilibatkan untuk pengamanan ini,”ucapnya, Selasa(15/10).

Herman menjelaskan, untuk pengamanan jalur yang akan digunakan oleh rombongan presiden yang akan menuju ke Pacitan, diterjunkan sebanyak 200 personel TNI yang akan ditempatkan di sepanjang jalur mulai dari Patuk hingga Bedoyo.

Sementara untuk pengamanan di Bangsal Sewokoprojo diterjunkan sebanyak dua satuan setingkat detasemen, satu satuan setingkat regu, Jihandak, Gultor Batalion 400 Raider Semarang, Brimob dan intel dari Kodam, Korem dan Kodim.

Pengamanan untuk jalur yang digunakan rombongan presiden akan dilakukan pada Selasa(15/10/2013) dan Kamis(17/10/2013) mendatang. “Pengamanan juga akan dilakukan saat rombongan presiden akan kembali dari Pacitan,”jelasnya. (Penulis: has
& Editor: ikrob_didik)