Rabu, 02 Oktober 2013

Indonesia Akan Tambah Pasukan Perdamaian



Selasa, 01 Oktober 2013 | 15:26     


Jakarta - Indonesia dalam waktu dekat akan kembali menambah jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Saat ini, baru ada sekitar 1.780 personel pasukan perdamaian dari Indonesia.

Pada awal 2014, sedikitnya sekitar 2.800 personel TNI diterjunkan ke sejumlah lokasi negara yang sedang berkonflik. Seperti di Lebanon, Haiti, Sudan, dan Kongo.

"Dalam operasi pemeliharaan perdamaian pada awal tahun 2014 diharapkan mencapai 2.800 prajurit yang terlibat," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, dalam acara temu generasi muda TNI dengan para sesepuh TNI, di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan, Selasa (1/10).

Kedepannya, dijelaskan Purnomo, Indonesia rencananya juga segera menurunkan prajurit penjaga perdamaian ke Mali dan Suriah. Total, direncanakan 3.500 personel TNI ikut serta dalam menjaga misi perdamaian PBB. "Target 3.500 telah dicanangkan, agar kita mencapai 10 besar dalam kontribusi memelihara perdamaian," ucap Menhan.

Selain penambahan personel, pemberangkatan pasukan perdamaian PBB asal Indonesia juga diperkuat satu skuadron helikopter M-17. Diharapkan, Indonesia bisa masuk 10 besar dalam jumlah personel yang terlibat operasi pemeliharaan perdamaian PBB. Saat ini, untuk misi perdamaian dunia, posisi Indonesia baru mencapai peringkat 20 besar. (Penulis: Y-7/JAS & Sumber:Suara Pembaruan)