Kamis, 01 Agustus 2013

Kasad Lantik 607 Perwira Muda: Perwira Harus Mampu Berkreasi dan Berinovasi



Bandung,   Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Moeldoko melantik 607 Perwira muda yang terdiri dari 561 pria dan 46 Kowad, da­lam Upacara Prasetya Perwira Pendidikan Pem­bentukan Perwira TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2013, di Lapangan Wiradhika, Secapa AD, Bandung, Rabu (31/7).

Menurut siaran pers Dispenad, dari 607 Perwira muda terdapat sarjana lulusan S1 se­banyak 72 orang dan D3 seba­nyak 46 orang. Selanjutnya me­reka akan melaksanakan pendi­dikan dasar Perwira di kecabangan masing-masing.

Pada kesempatan ini Kasad Jenderal TNI Moeldoko mem­berikan anugerah berupa Adi Wiradhika kepada dua orang Perwira terbaik yaitu Letda Inf Poltak Siagian asal satuan Kostrad dan Kowad Letda (K) Cku Warsini asal satuan Kodiklat TNI AD.

Dalam amanatnya Kasad mengatakan, Upacara Prasetya Perwira ini merupakan prosesi puncak perubahan status atau golongan dari Bintara menjadi Perwira dan sekaligus sebagai tonggak awal dimulainya peng­abdian para Perwira muda se­bagai unsur pimpinan lapan­gan di jajaran TNI AD. Peruba­han status ini harus disyuku­ri, karena merupakan pencapa­ian keberhasilan dari akumula­si berbagai upaya dan doa, se­hingga mencapai prestasi yang membanggakan ini.

Kasad menegaskan, Koman­dan Peleton adalah unsur Perwira terdepan dalam kepemimpinan di satuan. Oleh karena itu, ke­pada, para Perwira muda lulusan Pendidikan Pembentukan Perwi­ra Gelombang I Tahun Anggaran 2013 ini, kelak harus menjadi ujung tombak pencipta keberhas­ilan dan pencegah berkembang­nya permasalahan di satuan.

Kasad juga mengingatkan, kepemimpinan itu bukanlah monopoli ilmu, melainkan. sa­ngat kental dikategorikan se­bagai "seni", karenanya para Perwira harus mampu berkrea­si dan berinovasi untuk mewu­judkan dan mengembangkan seni kepemimpinan yang tepat dalam menghadapi dan menga­tasi berbagai permasalahan di satuan. (be), Sumber Koran: Pelita (01 Agustus 2013/Kamis, Hal 17)