Jumat, 23 Agustus 2013

Jenderal Moeldoko Ingin Jadikan TNI Seperti Perawan Cantik

Kamis, 22 Agustus 2013 00:53 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi I DPR akhirnya menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Moeldoko menjadi Panglima TNI.

Moeldoko pun memiliki harapan dalam memimpin institusi tersebut. Jenderal bintang empat mengaku ingin menjadikan TNI seperti seorang perawan cantik yang didambakan semua orang, dan diterima semua golongan.

"Saya akan menempatkan TNI sebagai perawan yang cantik, menarik, semua orang ingin memiliki. Bisa diterima siapapun," ujar Moeldoko di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Ia mengungkapkan keinginannya menjadikan prajurit TNI yang profesional, serta merasa dimiliki masyarakat.
"Saya ingin menjadikan tentara yang cantik dan memiliki segalanya. Sehingga, semua orang ingin memiliki," imbuhnya.

Sementara, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, pihaknya memiliki catatan bagi Moeldoko. Pertama, diperlukan manajemen terpadu Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara.

"Keterpaduan bukan hanya dalam rantai komando, tapi juga pengadaan alutsista dan pembinaan personel. Keterpaduan TNI akan berdampak pada penguatan postur pertahanan," ujarnya.

Kedua, kata Mahfudz, dukungan terhadap meritokrasi dan SDM, sehingga proyeksi dan promosi berjalan lebih baik lagi.

"Yang lain, soal pendayagunaan berbagai sumber di luar TNI, terutama sumber daya pengetahuan dan teknologi untuk mengakselerasi kemampuan TNI. Apalagi, di tengah perkembangan ancaman asimetris yang lebih banyak mengandalkan teknologi," paparnya.

Komisi I DPR juga akan memastikan dan mengawal sikap TNI yang netral dalam politik. "Itu sikap yang ditulis dan dibacakan oleh Jenderal Moeldoko dalam penyampaian visi misi," jelas Mahfudz.