Kamis, 01 Agustus 2013

Isu Penyadapan SBY_Menhan: Kita Cari Siapa yang Sebar



[JAKARTA] Menteri Pertahanan dan Keamanan Purnomo Yusgiantoro me­ngatakan pihaknya meng­aku belum memahami be­tul asal-muasal kabar bah­wa kebenaran kabar yang menyatakan bahwa Presi­den Susilo Bambang Yudhoyono sempat disadap ketika menghadiri Konfe­rensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-negara G-20 di London, Inggris pada tahun 2009.

"Kami sedang mela­kukan pendalaman. Kare­na itu baru rumor, jadi le­bih baik kita 'cooling down' dulu, beritanya dari mana. Kita belum ta­hu. Kita ingin tahu lebih dulu siapa yang sebar," ujarnya kepada wartawan di sela-sela buka puasa keluarga besar Kementerian Pertahanan di Jakar­ta, Selasa (30/7).

Menurut Purnomo, se­baiknya media jangan da­hulu terbawa rumor, sebe­lum mengetahui betul ke­benaran berita tersebut. Pasalnya menurut Purno­mo, pada waktu pihaknya melakukan kunjungan bersama Presiden SBY di Inggris justru tak ada me­dia yang menanyakan soal isu tersebut.

Wakil Ketua Komisi I, Ramadhan Pohan menga­takan, pihaknya melihat bahwa pemberitaan me­ngenai berita media asing yang menyatakan bahwa Presiden SBY sempat di­sadap masih sangat sumir.

Politisi Partai Demo­krat ini menambahkan, ji­ka media nasional menseriusi sumber yang belum layak dipercaya maka akan menjadi kontrapro­duktif untuk kepentingan nasional. [A-25], Sumber Koran: Suara Pembaruan (31 Juli 2013/Rabu, Hal. 06)