Rabu, 14 Agustus 2013

Senja Menjelang Usai



Selasa, 13 Agustus 2013 11:51:20


PUSPEN TNI (13/8),- Sekitar pukul 19.30 malam, tapi suasana panas masih terasa menyengat di seputaran wilayah Naqoura dimana markas besar UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) berada.

Ketika adzan magrib bergema dari masjid Soedirman Camp, maka seluruh prajurit kontingen garuda yang tergabung dalam pasukan perdamaian UNIFIL Lebanon yang tidak sedang menjalankan tugas bergegas berangkat menuju masjid Soedirman Camp untuk melaksanakan ta'jil bersama hari ini, karena hari ini adalah hari terakhir seluruh umat muslim lebanon selesai menunaikan ibadah puasa. Waktu berlalu begitu cepat, 29 hari rasanya baru kemarin kami semua disini memulai puasa dalam situasi dan kondisi yang berbeda di daerah konflik jauh dari handaitaulan, famili dan keluarga tercinta.

Tugas kontingen Garuda berpedoman kepada UNSCR 1701 2006 yang nanti akhir Agustus ini akan diperbaharui.   Kami merasa bersyukur karena pelaksanaan tugas kontingen Garuda yang terdiri dari 8 Satgas diantaranya FHQSU (Force Headquarter Support Unit), FPC (Force Protection Company), CIMIC (Civil Military Coordination), MCOU (Military Community Outreach Unit), MEDICAL LEVEL II, SEMPU (Sector East Military Police Unit), INDOBAT (Indonesia Battalyon), MTF (Maritime Task Force) dianggap berhasil dengan baik, baik oleh pihak UNIFIL sendiri maupun masyarakat Lebanon selatan. Demi tegaknya merah putih diantara 36 Negara lainnya yang tergabung dalam misi UNIFIL di Lebanon.

Dalam situasi lain teman-teman yang non-muslim dengan ridho dan setia menggantikan posisi rekan-rekan muslim yang sedang melaksanakan takbiran, ini wujud toleransi kami prajurit TNI anggota kontingen Garuda di UNIFIL Lebanon.

Malam berlalu dengan cepat, sampailah pagi dimana semua anggota kontingen bersiap-siap melaksanakan sembahyang Idhul Fitri.  Pada saat menunggu pelaksanaan sembahyang Idhul Fitri terdengar ada getaran rasa haru dari gema takbir yang dikumandangkan oleh rekan-rekan anggota kontingen Garuda. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat IED dilanjutkan dengan ceramah Idhul Fitri secara kebetulan yang menjadi khotib dan imam adalah komandan kontingen Garuda Kolonel Inf Karmin Suharna, S.IP, MA yang juga sebagai komandan FHQSU.

Dalam inti ceramahnya khotib berpesan agar seluruh muslim kontingen Garuda, betapa pentingnya seluruh anggota kontingen Garuda meningkatkan kualitas diri masing-masing sesuai dengan strata pangkat dan jabatannya dalam menjalankan tugas.