Kamis, 22 Agustus 2013

Revitalisasi DHC 45 Dapat Lampu Hijau dari TNI AD



Rabu, 21 Agustus 2013 | 09:30 WIB


Solo — Rencana revitalisasi gedung Dewan Harian Cabang (DHC) ’45 sudah mendapatkan lampu hijau dari TNI AD selaku pemilik aset. Namun, Pemkot belum bisa memutuskan kegunaan gedung peninggalan masa kolonial tersebut.

Selama ini, banyak usulan yang masuk terkait pemanfaatan gedung yang menjadi basis Tentara Pelajar di masa lampau itu. Salah satunya adalah untuk digunakan sebagai museum.

Namun oleh Pemkot, usulan pemanfaatan gedung DHC ’45 menjadi museum kurang tepat. “Kemungkinannya sulit. Selain minim koleksi, pengembangannya juga kurang maksimal,” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Endah Sitaresmi Suryandari kepada wartawan, Selasa (20/8).

Ia menjelaskan, setelah dilakukan revitalisasi, pengelola gedung DHC ’45 harus bisa menutup biaya perawatan secara mandiri. Dengan kata lain, pengelolaan gedung itu nantinya berorientasi pada profit.

Salah satu opsi pemanfaatan gedung yang memungkinkan adalah sebagai ruang pamer bagi produk seni maupun bagi produk unggulan lain di kota Solo. “Itu lebih memungkinkan,” terangnya. Sumber : www.timlo.net