Jumat, 02 Agustus 2013

LINGKUNGAN "BERSIH"_TNI Dukung Upaya Berantas Narkoba



JAKARTA,   Pengarahan terkait bahaya narkoba dari Badan Nar­kotika Nasional (BNN) kepa­da anggota TNI AD, khusus­nya yang bertugas di Di­rektorat Topografi AD, meru­pakan hal yang penting. Sebab, hal itu juga selaras dengan tujuan institusi un­tuk menciptakan lingkungan bersih dan bebas narkoba.

Hal itu dikatakan Sekre­taris Direktorat Topografi TNI AD M Giyanto di Jakarta, Se­lasa (30/7), di sela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang peran masya­rakat dalam melawan narko­ba yang dilaksanakan oleh Direktorat Topografi TNI AD bekerja sama dengan BNN.

"Kami setuju dengan langkah BNN turun ke la­pangan memberikan infor­masi tentang dampak negatif narkoba kepada kami. Dari sini akan menambah pema­haman kami," ujar Giyanto kemarin.

Selain itu, menurut Giyanto, dengan bekal yang telah diterima prajurit di Di­rektorat Topografi AD, dapat juga memacu upaya kesatuan lebih berperan aktif dalam pemberantasan narkoba.

Senada dengan itu, salah seorang peserta kegiatan yang juga anggota df Direk­torat Topografi AD, Bambang, menyatakan rasa teri­ma kasihnya pada BNN yang bersedia memberikan pe­ngertian soal penyalahguna­an narkoba.

"Walau ini sekadar lang­kah sederhana dan mungkin banyak orang memandang kecil, namun hal ini begitu besar manfaatnya, terlebih ma­terinya tentang bahaya nar­kotika yang mengancam se­mua orang," ucap Bambang.

Bambang juga berkomit­men akan mengampanyekan antinarkoba di kalangan rekan-rekan prajurit lainnya dan lingkungan sekitar dari pengetahuan yang telah diter­imanya dalam FGD. "Tujuan saya sebagai prajurit TNI AD juga sama, ingin memberan­tas narkoba," tegasnya.

Sementara itu, Kasubdit Lingkungan Kerja dan Ma­syarakat Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN Dik Dik Kusnadi mengingatkan bahwa masalah narkoba merupakan persoalan selu­ruh pihak. Menjadi tanggung jawab tiap komponen ma­syarakat untuk berperan ak­tif memberantas narkoba. "Tanpa kepedulian, maka akan hancur semuanya ka­rena narkoba," tutur Dik Dik.

Direktur Peran Serta Masyarakat BNN Brigjen Pol Siswandi memberikan peng­hargaan besar kepada Direktorat Topografi AD yang telah bersedia turut serta menjadi garda dalam cegah tangkal penyalahgunaan narkoba. "Saya berharap langkah yang dilakukan Direktorat Topografi AD ' sebagai contoh bagi instansi aparat lainnya untuk menuju Indonesia Emas 2015," kata Siswandi. (Sadono), Sumber Koran: Suara Karya (02 Agustus 2013/Jumat, Hal. 12)