Senin, 05 Agustus 2013

Inilah kandidat gantikan Moeldoko



SUNDAY, 04 AUGUST 2013 08:17                                

JAKARTA - Masuknya nama Jenderal Moeldoko sebagai kandidat Panglima TNI akan menyisakan kekosongan jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Untuk mengisi kekosongan kursi sepeninggalan Jenderal TNI Moeldoko nanti, maka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menunjuk KSAD yang baru.

Anggota Komisi I DPR Susaningtyas Kertopati menilai ada dua perwira tinggi TNI yang layak menjabat sebagai KSAD. Keduanya adalah Wakil KSAD Letjen Munir dan Pangkostrad Letjen Gatot Nurmantyo.

"Letjend Munir Wakasad dan Letjend Gatot Nurmantyo Pangkostrad merupakan jenderal-jenderal dengan prestasi cemerlang dan cerdas. Yang bersangkutan juga komunikatif dan tidak terlampau kaku sebagai militer," ujar Susaningtyas kepada wartawan, tadi malam.

Menurutnya, dari segi rekam jejak kedua jenderal tersebut, keduanya berpotensi menjadi KSAD sepeninggalan Jenderal Moeldoko.

Nuning panggilan akrab Susaningtyas berharap KSAD yang akan ditunjuk nanti adalah orang yang bisa diterima semua golongan khususnya bisa menjaga hubungan baik dengan Polri. Sebab, hubungan TNI dan Polri di jajaran bawah selalu berseberangan dan cenderung berujung kepada konflik antarkelompok.

Seperti diketahui, Wakil KSAD Letjen Munir meruapakan lulusan Akmil angkatan 83. Sedangkan Letjen Gatot Nurmantyo merupakan lulusan Akmil angkatan 82.

Nama Moeldoko akan dibahas DPR usai reses pada pertengahan Agustus nanti. (dat16/inilah)