Selasa, 20 Agustus 2013

Amankan Lapas, BIN Sarankan Libatkan Polisi dan TNI

Penulis : Sandro Gatra
Senin, 19 Agustus 2013 | 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman menilai masalah utama di lembaga permasyarakatan atau rumah tahanan bukan karena kelebihan kapasitas, melainkan sistem keamanan. Untuk itu, ia berharap sistem keamanan di lapas/rutan benar-benar diperkuat.

Marciano berharap Kementerian Hukum dan HAM bersinergi dengan Kepolisian untuk menata pengamanan di lapas. Bahkan, jika diperlukan, ia menyarankan meminta bantuan TNI. Penguatan pengamanan itu bukan hanya di tempat yang baru terjadi masalah, namun di seluruh lapas/rutan.

"Yang menjadi sorotan bukan kelebihan kapasitasnya, tapi penguatan sistem pengamanan yang harus dioptimalkan. Kalau tidak, ini akan terus berlanjut, berlanjut, dan berlanjut," kata Marciano di Jakarta, Senin ( 19/8/2013 ). Selain itu, Marciano menyarankan, kementerian melakukan seleksi yang ketat untuk memindahkan napi dari satu lapas ke lapas lain. Jika pemilihan lapas tidak tepat, lanjutnya, maka akan menjadi masalah baru.

"Saya minta tidak hanya dari BIN, tetapi media dan masyarakat juga mendorong untuk mengkonkretkan (peningkatan pengamanan). Kita harus mengaku mereka (Kemenkum dan HAM) memang punya kendala yang tidak bisa diselesaikan dalam sesaat," kata Marciano.
Seperti diberitakan, kerusuhan di lapas kembali terulang. Terakhir, kerusuhan terjadi di Lapas Labuhan Ruku, Batu Bara, Sumatera Utara. Mereka menyerang petugas dan membakar gedung. Dari 30 napi yang melarikan diri, 18 diantaranya telah ditangkap.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta, Medan, dan Rutan Klas II A Batam. Pihak Kemenkum dan HAM beralasan banyak kendala selama ini seperti kelebihan kapasitas napi dan kekurangan petugas. (Editor : Caroline Damanik)