Jumat, 16 Agustus 2013

26.000 Polisi Amankan Pemilukada Jatim Penulis : Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim



Kamis, 15 Agustus 2013 | 14:35 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiagakan 26.514 personel kepolisian dan ditambah 7.200 personel dari TNI untuk menjamin keamanan selama pelaksanaan Pemilukada Jawa Timur yang akan berlangsung pada 29 Agustus.

Pada hari itu, secara serentak diselenggarakan Pemilihan Gubernur Jatim serta pemilihan kepala daerah di empat kota, yakni di Kota Madiun, Kediri, Pasuruan, dan Mojokerto.

"Kita ada Operasi Mantab Praja 2013 yang didukung penuh oleh Mabes Polri," kata Irjen Unggung Cahyono, Kepala Polda Jawa Timur, saat melakukan pemeriksaan kesiapan personel di Polres Kediri Kota, Kamis (15/8/2013).

Khusus pada empat kota itu, Unggung menambahkan, akan ditempatkan pasukan tambahan dari Brimob yang didatangkan dari Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Mereka akan bersinergi dengan sesama personel kepolisian lokal maupun personel TNI hingga pelaksanaan pilkada usai.

"Ada empat kompi Brimob yang ditempatkan di empat daerah yang menggelar dua pilkada," imbuhnya.
Sepanjang penugasan personel itu, Unggung memerintahkan adanya operasi gabungan setiap elemen pengamanan yang rutin dilakukan tiap malam. Mereka berpatroli memantau situasi keamanan di daerah masing-masing.

Titik-titik kerawanan, menurut dia, selain pada daerah yang bersamaan dua pilkada, juga beberapa daerah terpencil yang ada di kepulauan, seperti beberapa daerah di Madura. Pada tempat-tempat itu dilakukan penambahan personel. (Editor : Kistyarini)