Kamis, 15 Agustus 2013

Tanpa KTP, Pulangkan!



Rabu, 14 Agustus 2013 - 08:54:46


MARAKNYA pendatang dari luar daerah ke Balikpapan usai Lebaran, membuat Pemkot Balikpapan ancang-ancang. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) akan menindak setiap pendatang dari luar daerah yang tidak memiliki tanda pengenal. Apalagi  tidak jelas memiliki tempat tinggal dan tidak memiliki surat jalan dari daerah asal.

''Kami akan intensif melakukan operasi yustisi bekerja sama dengan kepolisian, dan aparat TNI di sejumlah pintu masuk pendatang. Seperti di pelabuhan, bandara, maupun terminal,'' kata Kepala Seksi Operasi Satpol PP Balikpapan Subardiyono kemarin.

Dalam operasi yustisi tersebut, akan diturunkan sekitar 150 personel dari tim gabungan yang melibatkan TNI dan kepolisian. Mereka akan ditempatkan pada titik-titik pintu masuk yang telah ditentukan itu.

Dari razia seperti itu, kata dia, tahun lalu, pihaknya menjaring sekitar 1.000 pendatang yang tidak memiliki identitas dan tujuan yang jelas. ''Kami melakukan pendataan identitas mereka, kemudian kami pulangkan ke kampung halaman masing-masing. Pastinya kalau tidak memiliki tujuan yang jelas, kita data dulu, lalu proses sidang dan dipulangkan kembali oleh keluarganya. Begitu juga meski punya KTP kalau tujuannya tidak jelas juga kita sidang, karena dia (pendatang) harus punya tujuan yang jelas ke Balikpapan,” ungkap Subardiyono.

Menurutnya, Pemkot Balikpapan tidak melarang pendatang masuk, hanya  tetap mengikuti aturan yang ada.  Sumber : www.kaltimpost.co.id