Selasa, 02 Juli 2013

Satgas TNI Padamkan Ratusan Titik Api di Riau


Senin, 01 Juli 2013, 20:41 WIB       

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Lebih dari seribu personel Tentara Nasional Indonesia berhasil memadamkan ratusan titik kebakaran lahan dan hutan di berbagai wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

"Sampai hari ini, anggota TNI tersebut masih terus menggelar operasi pemadaman kebakaran lahan. Selain membantu pemadaman dengan peralatan seadanya, personel juga bertugas untuk memantau kondisi dari darat," kata Komandan Pos Komando Tanggap Darurat Penanggulangan Bencana Kabut Asap Provinsi Riau, Brigjen Teguh Rahardjo, di Pekanbaru, Senin (1/7).

Ia mengatakan, kegiatan Satuan Tugas (Satgas) Darat sejauh ini masih diprioritaskan ditempatkan di sejumlah wilayah yang masih terdapat titik api seperti di Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis.

"Sampai saat ini, masih ada banyak pasukan yang 'standby'. Dari Kostrad ada 800 personel, Marinir 600 orang dan dari Paskhas ada sebanyak 100 personel. Jumlah titik kebakaran yang telah berhasil dipadamkan ada ratusan," katanya.

Data Satgas menyebutkan, untuk TNI yang berada pada Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Yonif 303 sebelumnya bergerak melakukan pemadaman api di sejumlah wilayah.
Rincian satgas TNI

50-an personel yang dipimpin Komandan Yonif 303 melaksanakan pemadaman api di Desa Kerawang Putih, Kabupaten Siak. Sebanyak 6 titik kebakaran berhasil padam.

Sebanyak 12 personel yang dipimpin Lettu Czi Dimas melaksanakan pemadaman api di Desa Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, 12 titik api padam.

12 personel TNI lainnya yang dipimpin Lettu Ckm Budi juga telah melaksanakan upaya pemadaman titik api di Desa Tualang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Hasil 12 titik api dipastikan padam.

100 personel TNI yang dipimpin Kapten Inf Nauval melakukan pemadaman api di kawasan Hutan Lindung Suligi yang berada di Desa Sungai Kuning, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu. Empat titik api besar dipastikan padam.

104 personel TNI lainnya yang dipimpin Letda Inf Anwar berhasil memadankan sejumlah titik kebakaran di Desa Sungai Pinang, Kecamatn Kubu, Kabupaten Rokan Hilir.

85 personel yang dipimpin Kapten Inf Sutopo berhasil memadamkan lima titik api di Desa Jatimulya, Kecamatan Bungaraya, kabupaten Siak.

Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Marinir yang terbagi dalam 12 tim dikabarkan juga berhasil memadamkan puluhan titik api di berbagai wilayah kabupaten dan kota di Riau.

20 personel TNI yang dipimpin Letkol Marinir Krisno dan sebanyak 30 orang TNI yang dipimpin Mayor Marinir Afin Dudun, melakukan pemadaman sejumlah titik api di Kota Dumai.

100 personel TNI yang dipimpin Lettu Marinir A Yani, berhasil memadamkan sebanyak 27 titik api yang berada di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

39 personel yang dipimpin Letda Marinir Asril berhasil memadamkan sekitar 27 titik kebakaran lahan di sekitar Kelurahan Guntung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai.

20 orang TNI yang dipimpin Lettu Marinir Adityo S melakukan pemadaman terhadap lahan seluar 400 meter persegi.

Sejumlah tim TNI dari marinir lainnya dengan dipimpin masing-masing ketua timnya, juga berhasil memadamkan sebanyak 30 titik api dengan luas yang bervariasi di sejumlah wilayah kebupaten dan kota di Riau.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Antara