Rabu, 31 Juli 2013

Jenderal Moeldoko, Calon Tunggal Panglima TNI



Selasa, 30 Juli 2013 15:36 WIB    


JAKARTA, Jaringnews.com - Terungkap sudah siapa calon Panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana (TNI) Agus Suhartono. Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, calon tersebut adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Moeldoko. Nama Moeldoko telah diserahkan SBY sebagai calon tunggal ke DPR RI.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7). Kata dia, surat SBY ke DPR terkait ini telah dikirim Selasa (23/7) pekan lalu.

"Calon tunggal pengganti Panglima TNI yaitu Jenderal Moeldoko. Selanjutnya akan diserahkan ke Badan Musyawarah DPR dan Komisi I (Komisi Pertahanan) untuk mempertimbangkan calon itu," beber Priyo.

Dia menjelaskan, surat SBY ini nantinya akan dibalas rekomendasi dengan catatan atau tanpa catatan oleh DPR. Pertimbangan ini akan dibahas DPR akhir bulan Agustus mendatang.

Politikus Golkar ini menilai, proses pencalonan Moeldoko akan berjalan lancar. Alasan dia, rekam jejak Moeldoko terbilang bagus.

"Prestasinya moncer, tentara profesional dan tidak tergoda politik praktis. Saya yakin dan berharap proses di DPR akan lancar," sambung dia.

Moeldoko yang digadang-gadang menjadi Panglima TNI juga pernah dikatakan Agus Suhartono. Menurutnya, sangat mungkin Panglima TNI kembali dijabat dari kalangan jenderal Angkatan Darat.

Agus mengatakan sebenarnya masyarakat pun sudah tahu persis mekanisme pergantian Panglima TNI. Pergantian salah satunya dengan rotasi bergilir masing-masing angkatan. Saat ini Panglima TNI dijabat dari Angkatan Laut, sebelumnya dari Angkatan Udara. Nah, Agustus nanti Panglima TNI kemungkinan akan kembali ke Angkatan Darat.