Senin, 29 Juli 2013

Pasukan Perdamaian_Pendekatan TNI Dipuji Unifil

Jumat, 26 Juli 2013
JAKARTA (Suara Karya): United Nations Interim Force In Lebanon (Unifil) memberikan pujian yang tinggi kepada pasukan perdamaian TNI (Indobatt) sedang bertugas di wilayah kecamuk perang, Lebanon Selatan. TNI bisa mendekatkan diri dan mengambil hati masyarakat setempat sehingga ikut mendukung meringankan tugas - tugas pasukan perdamaian.

"Apa yang sudah menjadi keberhasilan agar tetap terus dipertahankan dan selalu meningkatkan kewaspadaan serta berkordinasi terus dengan satuan atas," tegas Komandan Sektor Timur, Brigjen Lopez Del Pozo saat meninjau langsung markas dan pos-pos pengamanan Satgas Indobatt di Lebanon Selatan, Selasa (23/7).

Siaran pers Pusat Penerangan TNI, menyebutkan, dalam peninjauan ke pos Indobatt, Lopez didampingi Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-G/Unifil, Letkol (Inf) Lucky Avianto didampingi Kepala Seksi Operasi Indobatt Mayor (Inf) Yudha Permana. Satgas Batalyon. Mekanis TNI Konga XXIII-G/Unifil merupakan satuan komando yang berada di wilayah Sektor Timur. Tanggungjawab keamanan wilayah itu dipimpin langsung oleh Lopez. Lopez juga beraudoensi langsung dengan para personel TNI. Secara umum, ia memberikan apresiasi tinggi dan bangga kepada Satgas Indobatt. Pasalnya, wilayah yang dijaga pos Indobatt berada di lokasi rawan dan garda terdepan pasukan perdamaian. "Posnya yang tersebar sebagian besar berada di titik-titik rawan timbulnya konflik dan Indobatt dinilai mampu berdiri di garda terdepan sebagai peacekeepers di wilayahnya," aku dia.

Unifil sendiri, yakin dia, memantau dan mendukung upaya yang digagasi Indobatt. Karya yang membuming dinilai Unifil, keberhasilan Indobat mengedukasi masyarakat setempat. "Saya selalu memantau perkembangan wilayah Indobatt juga banyak mendengar tentang  kegiatan Kontingen Garuda dalam mendekatkan diri dan mengambil hati masyarakat sekitarnya," apresiasi Lopez.

Lucky menjelaskan keberadaan pos Indobatt yang berada di Panorama Poin. Untuk mengamankan perbatasan wilayah tersebut memang harus melibatkan masyaralat setempat. "Karena itu dalam kegiatan pengamanannya, sampai dengan kegiatannya dalam pendekatan dengan masyarakat sekitar," kata dia. Kendati demikian, bukan berarti pendekatan yang dilakukan Indobat berjalan mulus.