Selasa, 30 Juli 2013

280 Brimob Dikerahkan Jaga Stasiun dan KA

Senin, 29 Juli 2013 | 14:06 WIB
Metrotvnews.com, Purwokerto: Sebanyak 280 aparat Brigade Mobil (Brimob) akan dikerahkan pada masa angkutan Lebaran mulai 1-18 Agustus di Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng). Mereka bakal menjaga stasiun dan perjalanan kereta api (KA). Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto Surono mengungkapkan secara keseluruhan petugas pengamanan stasiun dan perjalanan KA di wilayah setempat mencapai 605 petugas. Rinciannya adalah 280 Brimob, kepolisian 100 personel, TNI 40 personel, Polsuska 33 personel dan satuan pengamanan internal 152 personel. 

“Mereka mulai bertugas pada masa angkutan Lebaran dari tanggal 1-18 Agustus,” jelas Surono, Senin (29/7).

Menurutnya, khusus untuk Brimob akan menjaga di masing-masing stasiun. Di stasiun yang besar ada antara 4-6 personel. 

“Seluruh petugas Brimob akan dilengkapi dengan sejata lengkap untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan.  Tugas pengamanan bakal dibantu oleh aparat polisi, TNI, 

Polsuska dan satuan pengamanan internal. “Pengamanan ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman dan aman bagi pemudik yang menggunakan jasa KA,” tambahnya. Sementara Senin, 78 awak KA di wilayah Daop V diberi mendapat sertifikat karena telah lolos uji sertifikasi yang digelar Direkrorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian. 

“Saat ini pengoperasi KA yang terdiri dari masisnis, asisten masinis dan petugas pengatur perjalanan kereta api (PPKA) yang bertugas harus memenuhi persyaratan khusus yakni lolos 

uji sertifikasi. Jadi pada masa angkutan Lebaran ini, seluruh petugas harus telah lolos uji tersebut,” kata Direktur Sarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Sugiadi Waluyo di sela-sela pemberian sertifikat di Kantor Daop V Purwokerto. Dalam menghadapi masa angkutan Lebaran, PT KAI telah siap dalam melaksanakan tugas mereka. Apalagi, saat sekarang banyak lokomotif dan gerbong yang baru. Sehingga pemudik yang menggunakan jasa KA akan lebih nyaman.