Selasa, 30 Juli 2013

Pangdam: Perwira Siswa Diminta Pahami Sumber Ancaman Nyata dan Ancaman Potensial

Bandung,   Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja membuka Geladi Waskita Dharma Dikreg XL Sesko TNI TA. 2013 di Ru¬ang RA. Kosasih Makodam III/ Siliwangi Jalan Aceh No 69 Ban¬dung,. Senin (29/7).

Geladi Waskita Dharma XL Sesko TNI TA 2013 diikuti oleh 30 Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI, akan berlangsung selama empat hari.

Menurut Pangdam tujuan Geladi Waskita Dharma yang dilaksanakan di Markas Kotama Ops adalah untuk mengem¬bangkan kemampuan dan ke¬terampilan serta wahana Per¬wira Siswa dalam mengapli¬kasikan teori yang telah diper¬oleh di kelas disesuaikan de¬ngan kondisi di lapangan.

Lebih lanjut menurut Pang¬dam melalui Geladi Waskita Dharma, Pasis Sesko TNI diharapkan mencapai pemahaman dan penghayatan ten¬tang sumber ancaman nyata dan ancaman potensial terha¬dap penyelenggaraan pertahan¬an Negara di wilayah Kodam III/Slw, dan tercapainya pemaha¬man penggunaan kekuatan per¬tahanan negara guna menang¬kal setiap bentuk ancaman yang timbul terhadap keutuhan dan kedaulatan NKRI, serta terse¬lenggaranya komando dan pe¬ngendalian operasi yang efektif dan efisien.

Pangdam III/Siliwangi menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang dibe¬rikan Sesko TNI kepada Kodam III/Siliwangi sebagai salah satu Kotama yang dijadikan tempat Geladi Waskita Dikreg XL Sesko TNI TA 2013.

Pangdam mengungkapkan keberadaan Kodam III/Siliwangi dalam struktur organisasi TNI AD, merupakan salah satu kom¬partemen strategis yang men¬jalankan fungsi sebagai insti¬tusi kewilayahan yang bertu¬gas membina kesiapan wilayah pertahanan nasional di daerah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.

Implementasi tugas Kodam III/Siliwangi dalam membi¬na kesiapan wilayah pertahan¬an nasional di daerah menurut Pangdam, diwujudkan dalam 2 (dua) tugas utama, yaitu tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan tugas Operasi Militer Se¬lain Perang (OMSP), sebagaima¬na diamanatkan UU No 34 Ta¬hun 2004 tentang TNI.

Pangdam mengharapkan pelaksanaan Geladi Waskita Dharma Dikreg XL Sesko TNI TA 2013, tidak hanya menyele¬saikan rangkaian kegiatan aka¬demis yang menjadi keharu¬san dalam sebuah siklus pen¬didikan, akan tetapi dapat le¬bih memunculkan gagasan dan pemikiran yang baru untuk di¬sumbangkan kepada Kodam III/Silwiangi dan TNI pada umum¬nya.

"Sebagai para calon .pimpin¬an di lingkungan TNI, kebera¬nian para Perwira Siswa dalam menyampaikan pemikiran-pe¬mikiran yang kreatif dan inova¬tif sangatlah diperlukan," ujar Pangdam. (Pendam III/Slw), Sumber Koran: Harian Pelita (30 Juli 2013/Selasa, Hal. 14)