Selasa, 30 Juli 2013

Presiden & DPR Sepakat Moeldoko Jadi Panglima TNI?

Senin, 29 Juli 2013 15:13 wib
JAKARTA, Okezone - Komisi I DPR yang membidangi masalah Pertahanan memprediksi bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemungkinan besar akan mengajukan calon tunggal, yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Moeldoko sebagai kandidat Panglima TNI.

"Presiden sepertinya hanya akan menyerahkan satu nama saja, yaitu Moeldoko," kata Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Syaifullah Tamliha saat dihubungi di Jakarta, Senin (29/7/2013).

Menurut Tamliha, Moeldoko dianggap sebagai satu-satunya kandidat yang paling potensial, karena Jenderal bintang empat itu mampu menjadi penengah dari banyak pihak. "Rekam jejak yang dipelajari kami, dia tidak punya masalah sebagai tentara," sambungnya.

Komisi I sendiri, secara terang-terangan telah menyatakan minatnya kepada Moeldoko. Selain karena rekam jejak yang baik, Moeldoko juga memiliki kedekatan dengan banyak tokoh nasional yang tentu akan membantu Moeldoko nantinya jika memang benar menjadi Panglima TNI.

"Saya rasa DPR juga mendukung, karena sudah familiar di Komisi I. Siapa lagi jendral yang ada sekarang, yang tepat? Mungkin ini saatnya Pak Moeldoko. Kedekatan Moeldoko dengan beberapa tokoh nasional sepertinya akan menjembataninya menjadi Panglima TNI," tandasnya.