Kamis, 25 Juli 2013

Polri Ajak TNI dan Pemda Amankan Arus Mudik Lebaran

Kamis, 25 Juli 2013 | 04:00 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kepolisian Republik Indonesia siap mengamankan jalur mudik Lebaran tahun ini. Fokus pengamanan bakal disebar di jalur kota besar yang ramai dilewati pemudik.

"Jalur mudik tentunya kalau itu dari Jakarta ya, kemudian kota besar baik yang tingkat nasional atau regional. Tingkat nasional, baik ke Sumatra atau ke Pulau Jawa itu prioritas utama," kata Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradipo di Kompleks Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, Rabu (24/7).

Untuk memastikan pelayanan mudik lebih baik dari sebelumnya, Polri akan melakukan operasi pengamanan yang dibantu pemerintah daerah maupun TNI. Hal itu guna membuat mudik menjadi lancar. "Mulai pembiusan, kecelakaan, termasuk ancaman teror dan bom," imbuhnya.

Adapun untuk pengguna motor, kata Timur, alangkah baiknya memanfaatkan mudik gratis. Sebab, pemerintah sudah menyiapkan angkutan gratis umum seperti kereta api dan kapal laut. "Manfaatkan itu, ini gratis," sambungnya.

Adapun untuk pengamanan sendiri, Polri akan mengerahkan personelnya untuk mengamankan jalur mudik. "Semua kekuatan personel 2/3, kita kerahkan termasuk ancaman yang tadi teror dan bom," pungkasnya.