Selasa, 02 Juli 2013

Pesan SBY untuk Capaja TNI/Polri: Jangan Jadi Generasi Video Games


Senin, 01/07/2013 23:44 WIB
Moksa Hutasoit - detikNews

Jakarta - Presiden SBY memberi nasihat kepada 735 calon perwira remaja (Capaja) TNI/Polri. Salah satu pesannya agar para perwira tersebut tidak menjadi generasi video games.

Arahan itu termuat dalam 10 nasihat SBY di acara pembekalan di Graha Samudera Bumimoro, Akademi Angkatan Laut Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/7/2013).

Nasihat pertama, SBY meminta agar calon perwira ini memegang teguh idealismenya. Ia juga meminta agar setiap tugas yang diberikan bisa dijalankan dengan sepenuh hati. "Kuasai masalah detail, lakukan cek dan ricek," kata SBY.

SBY juga berpesan agar para perwira tidak menjadi generasi video games. Perdalam pengetahuan yang ada. Banyak kerugian, pesan SBY, jika hanya menjadi generasi seperti itu.

"Jadi tidak bisa berinteraksi, berkomunikasi dengan baik dengan atasan, anak buah," ujar SBY.

"Perang sebenarnya jauh lebih kompleks," sambungnya lagi.

SBY juga berpesan agar berkompetisi dengan sehat. Ia mewanti-wanti jangan ada hujat-menghujat demi mencapai kepentingan.

Mulai dari jaga etika profesionalisme, jangan mudah menyerah, percaya diri sendiri hingga milih-milih penugasan juga tak luput dari nasihat SBY.

"Tahanlah terhadap tiga godaan, harta tahta dan wanita," sambung SBY melanjutkan pesannya.

Dan puncaknya, SBY ingin agar perwira ini terus dekat dengan Tuhan. SBY sendiri ingat selama perjalanan hidupnya, ia merasa sangat dibantu oleh Tuhan.

"30 Tahun di TNI, hampir 5 tahun menteri, 9 tahun presiden, saya alami banyak tantangan, ujian. Kadang begitu berat, tapi bismillah, amat sering tangan Tuhan menolong perjalanan saya selama ini," tandasnya. (mok/spt)