Selasa, 02 Juli 2013

Lantik 735 Capaja TNI/Polri, Presiden SBY Berangkat ke Surabaya

Senin, 01 Juli 2013 | 09:05   

Jakarta, beritasatu.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, siang ini akan bertolak menuju Surabaya, Jawa Timur, untuk kunjungan kerja selama dua hari. Rencananya, rombongan Kepala Negara akan menumpang pesawat khusus kepresiden Garuda Boeing 737-800 yang lepas landas dari Landasan Udara TNI-AU Halim Pedanakusuma, Jakarta.

Di Surabaya, Kepala Negara dijadwalkan melantik sebanyak 735 calon prajurit remaja (capaja) pada acara Prasetya Perwira (Praspa) dan Sumpah Prajurit yang akan digelar di Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa (2/7).

“Ya, setelah menghadiri upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-67 di Mako Brimob, Bapak Presiden akan bertolak ke Surabaya,” kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Senin (1/7).

Para capaja yang akan dilantik terdiri atas 451 lulusan Akademi TNI, yang masing-masing sebanyak 238 orang taruna Akademi Militer (Akmil), 105 orang Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL), dan 108 orang Karbol AAU. Sedangkan, sebanyak 284 lainnya adalah lulusan Taruna Akpol, dengan 48 di antaranya adalah Taruni.

Para capaja ini nantinya akan menyandang pangkat Letnan Dua serta berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan (ST Han) yang diperoleh dari penyelenggaraan pendidikan vokasi program jenjang Diploma IV di Akademi Angkatan atau strata dengan gelar serjana pada pendidikan umum di Perguruan Tinggi.

Para taruna-taruni dinyatakan lulus setelah menempuh pendidikan selama empat tahun untuk capaja TNI dan tiga tahun bagi capaja Polri.

Pada acara Praspa dan Sumpah Prajurit itu, Presiden SBY akan menyerahkan penghargaan Adhimakayasa kepada lulusan terbaik capaja TNI-Polri yang diraih Sermatutar Mat Sony Misturi, Sermatukad (P) Pandu Indramanto dari AAL, Sermatukar I Putu Satrya Kedaton dari AAU, dan Brigtutar Handa Wicaksana dari Taruna Akpol.

Penulis: Nov/NAD
Sumber:Investor Daily