Senin, 01 Juli 2013

Warga dan TNI Bersihkan Fasilitas Umum


28 Juni 2013 | 15:47 wib

UNGARAN, suaramerdeka.com - Puluhan anggota TNI dari berbagai kesatuan meliputi Kodim 0714 Salatiga, Yonkav II/Tank Ambarawa, serta Yon Zipur 4 Banyubiru bersama paguyuban pedagang dan warga, Jumat (28/6) melakukan kerja bakti membersihkan fasilitas umum di Ungaran.

Kegiatan yang dilakukan di lingkungan Pasar Bandarjo, Terminal Sisemut, Alun-alun Sidomulyo, dan Lapangan Sebantengan tersebut, merupakan gagasan dari Kodam IV/Diponegoro yang melibatkan masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan, penghijauan, dan kesehatan yang diimplementasikan dengan 'Jumat Bersih, Sabtu Hijau, dan Minggu Sehat'.

"Kali ini, anggota dikonsentrasikan membantu dan bergotong royong bersama warga membersihkan fasilitas umum di wilayah Ungaran dan sekitarnya," kata Dandim 0714/Salatiga Letkol Arh Tjahjono Prasetyanto melalui Danramil 14 Ungaran, Kapten Inf Andy Slamet.

Untuk efisiensi waktu, pihaknya kemudian membagi personil ke empat titik lokasi yang sudah ditentukan.

Tidak hanya warga dan paguyuban pedagang yang ikut, untuk gerakan Jumat Bersih di Ungaran dilibatkan pula dua komunitas motor RX King diantaranya Asosiasi King Spesial Samban Inductions (AKSSI) Bawen dan BackBone Ungaran.

Salah satu pedagang Pasar Bandarjo, Muslih (43) menuturkan, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan pemerintah dan instansi terkait untuk menjaga kebersihan di lingkungan pasar dan fasilitas umum lainnya.

Terlebih belum lama ini Pemkab Semarang mendapatkan Adipura 2013, sehingga menurutnya perlu ada suatu gerakan menjaga kebersihan yang berkelanjutan.

Ditambahkan Danramil 14 Ungaran, kegiatan serupa rencananya akan digelar rutin setiap Jumat. Adapun lokasinya akan berpindah-pindah, dengan demikian diharapkan warga Kabupaten Semarang bisa termotivasi menerapkan langkah positif ini. (Ranin Agung/CN37 /SMNetwork)