Selasa, 09 Juli 2013

TNI-Polri Sterilkan Lokasi Gempa Jelang Kedatangan SBY


Senin, 08 Juli 2013 13:51 wib
Irwansyah Putra Nasution - Okezone

ACEH TENGAH - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan dijadwalkan mengunjungi lokasi gempa bumi 6,2 Skala Richter di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh TNI dan Polri untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di Tanah Air yang dijadwalkan tiba pada Selasa, 9 Juli.

Berdasarkan pantauan Okezone, sejumlah pasukan melakukan pembersihan lokasi pengungsian. Rumput dan ilalang panjang diterabas, tenda pengungsian yang sebelumnya kumuh terlihat cantik setelah diganti dengan tenda milik TNI, Polri, dan BNPB, Senin (8/7/2013).

Sejumlah jalan yang semula sempit diperlebar, dan jalan yang berlubang ditutupi dengan tanah untuk memudahkan akses menuju lokasi gempa. Beberapa lokasi pengungsian yang dibenahi yaitu posko Blang Mancung, Pos Kotis, Posko Bah, dan Posko Bener Meriah.

Petinggi Polda Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Muspida dua daerah dan provinsi terlihat lalu lalang mempersiapkan lokasi yang akan dikunjungi SBY nantinya.

Sementara itu, tim gabungan Basarnas terus melakukan evakuasi pencarian mayat korban gempa di Desa Serempah, Aceh tengah. Diperkirakan masih ada enam orang yang tertimbun longsor.

Pencarian menggunakan alat berat maupun manual, serta dengan bantuan anjing pelacak. tidak jarang tim evakuasi merasa was-was, pasalnya gempa susulan masih sering terjadi. (ris)