Minggu, 14 Juli 2013

TNI-Polri Amankan LP Tanjung Gusta

oleh Yoga Guritno
Posted: 12/07/2013 05:39

Liputan6.com, Jakarta : Personel gabungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengamankan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, agar narapidana napi tidak melarikan diri.

"Saat ini diupayakan agar napi tidak melarikan diri dan langkah yang diambil oleh Kapolda Sumut adalah mengerahkan pasukan Polri dan TNI untuk membantu," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Irjen Pol Ronny F Sompie di Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Ia mengatakan, anggota Polda yang dikerahkan untuk mengamankan Lapas Tanjung Gusta berasal dari Satbrimobda, Sabhara, Reserse, Intelkam, Binmas juga Pasukan Polres Medan, Langkat dan Belawan.

"Saat ini diupayakan agar napi tidak melarikan diri, dan yang melarikan diri diamankan di Polres Langkat dan Belawan," ujar Ronny.

Kejadian tahanan kabur dan kebakaran Lapas kelas I Tanjung Gusta karena keributan di Lapas Tanjung Gusta. Keributan terjadi karena air dan listrik mati pada Kamis, 11 Juli kemarin, mulai pukul 05.00 WIB subuh dan pukul 17.30 WIB.


Para napi memberontak dan menjebol pintu utama serta membakar ruangan kantor Lapas. Jumlah tahanan di Lapas Tanjung Gusta dan jumlah napi yang kabur masih simpang siur, namun sebanyak 36 napi telah ditangkap kembali. (Ant/Yog)