Jumat, 05 Juli 2013

TNI Kirim 5 SSK ke Bener Meriah Aceh

Rabu, 03 Juli 2013 , 17:30:00

JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan Umum (Kadispenum) Puspen TNI, Kolonel Minulyo Suprapto mengatakan TNI telah mengirim pasukan berkekuatan 5 SSK (kurang lebih 500 personel) gabungan ke daerah bencana gempa bumi di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Nanggroe Aceh Darrusalam (NAD).

"TNI dalam hal ini Kodam Iskandar Muda sesaat setelah kejadian, telah mengirimkan pasukan berkekuatan lima SSK (kurang lebih 500 personel) gabungan, terdiri dari 2 SSK (200 personel) dari Kodim 0106/Aceh Tenggara dan 3 SSK (300 Personel) Yonif 114/Satria Musara dibantu satuan Denbekang dan Denkes Korem 011/Lilawangsa ," kata Kolonel Minulyo Suprapto, di Jakarta, Rabu (3/7).

Dijelaskannya, pengerahan personel TNI ke Kabupaten Bener Meriah sesuai UU TNI nomor 34 tahun 2004 Bab I (Ketentuan Umum) Pasal 7, salah satunya diatur mengenai Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yaitu membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

"TNI selalu berkomitmen tetap melaksanakan tugas kemanusiaan sebaik-baiknya, organisasi TNI sudah tertata dengan baik dan dilengkapi dengan peralatan yang tergolong memadai," tegasnya.


Terlebih bila didukung oleh komponen lain bangsa, tragedi kemanusiaan yang sering melanda negara ini diharapkan dapat ditangani secara cepat, baik dan lancar, imbuh Kolonel Minulyo Suprapto. (fas/jpnn)