Selasa, 02 Juli 2013

Pramono Edhie Diprediksi Disiapkan SBY Untuk Capres 2014


Senin, 01/07/2013 09:15 WIB
Mega Putra Ratya - detikNews

Jakarta - Pramono Edhie Wibowo (PEW) resmi bergabung dengan Partai Demokrat setelah pensiun dari militer. Mantan KSAD ini diprediksi memang disiapkan oleh Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjadi capres 2014.

"PEW saya kira sudah dipersiapkan Cikeas sebagai calon presiden. PEW tinggal menunggu momentum yang tepat saja untuk diperkenalkan secara massif kepada masyarakat," ujar pengamat politik dari Charta Politika Arya Fernandes saat berbincang, Senin (1/7/2013).

Arya menilai penerimaan terhadap PEW di internal PD tergantung sinyal dukungan dari SBY. Sekarang di internal PD nyaris tidak ada kekuatan yang kuat kecuali SBY.

"Bila SBY sudah dukung, semua kader saya rasa akan dukung juga," imbuhnya.

Arya mengatakan tantangan bagi PEW adalah harus muncul di waktu dan dengan momentum yang tepat. Gagal membaca momentum ia akan sulit bertarung dan mengambil simpati pemilih.

"PEW ini 'barang' bagus. Karir kemiliteran sangat gemilang dan menyandang nama besar ayahnya, serta ipar SBY. Bila dipoles serius, seperti berlian dia akan mengkilap," ungkapnya.

Menurut Arya, hingga kini PEW dan Gita Wirjawan adalah dua nama yang sangat diperhitungkan internal Demokrat untuk didukung menjadi capres. Nama lain dari internal ada Marzuki Alie namun menurutnya kansnya masih kecil.

"Bisa saja nanti muncul skenario menduetkan PEW dengan Gita Wirjawan, tergantung cuaca politik. Bila waktu mengenjot elektabilitas PEW terlalu lama dan sulit, skenario bisa berubah dengan duet Gita-PEW," paparnya.

Pramono Edhie yang bergabung dengan Partai Demokrat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Pembina.

"Kalau bicara soal bakal ikut Konvensi Saya rasa masih terlalu dini. Saya ini kan baru bergabung di Partai Demokrat. Kurang elok lah jika Saya mengumumkan akan ikut Konvensi sepagi ini," ujarnya saat diwawancarai usai pembukaan Rakornas Partai Demokrat di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6/2013).

Purnawirawan TNI ini menyatakan dirinya memutuskan bergabung dalam politik karena diminta oleh Ketua Umum DPP PD, SBY untuk membantunya. Dirinya kemudian menyetujui permintaan tersebut setelah mendapat restu dari keluarganya.

"Setelah bergabung dengan PD, kemudian saya secara resmi menjadi anggota dewan pembina demokrat sejak empat hari lalu," ungkapnya. (mpr/mpr)