Rabu, 10 Juli 2013

Prajurit TNI Rampungkan Rehabilitasi Bangunan Penjara di Dungu Kongo


Senin, 8 Juli 2013 22:19 WIB
 
TRIBUNNEWS.COM - Setelah memakan waktu selama kurang lebih tiga bulan, akhirnya rehabilitasi bangunan penjara Dungu dapat dirampungkan oleh para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda XX-J/Monusco (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo). Bangunan yang dihuni sekitar 50 orang narapidana ini, telah diserah terimakan dari Head of Office Monusco Dungu, Mrs. Cicilia Piazza kepada Kepala Administrasi Otoritas Lokal Dungu, Mr. Christophe Ikando pada hari Minggu (7/7/2013).

Dalam rilis yang diterima redaksi Tribunnews.com, Senin (8/7/2013),acara penyerahan bangunan penjara yang dilaksanakan secara sederhana ini dihadiri pula oleh beberapa pejabat baik dari sipil PBB maupun dari Militer, diantaranya Correction Unit Team Leader, Mr. Amoude Gaye,  Wakil Kepala Penjara Dungu, Mr. Jean Yabilada dan Komandan dari masing-masing kontingen militer yang bertugas di Kongo termasuk Komandan Satgas Kizi TNI yang dalam hal ini diwakili oleh Wadan Satgas, Mayor Czi Adi Ilham.

Sebelum pelaksanaan rehabilitasi yang dilakukan oleh Kontingen Garuda, bangunan penjara ini memiliki kondisi yang cukup memprihatinkan dan tidak layak huni. Kapasitas sel penjara yang tidak sesuai dengan jumlah tahanan, terbatasnya persediaan sarana air bersih serta tidak adanya klinik untuk para narapidana yang sakit.

Dalam acara serah terima ini, Kepala Administrasi Otoritas Lokal Dungu, Mr. Christophe Ikando mengucapkan beribu terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Monusco, khususnya kepada Kontingen Indonesia atas dedikasinya selama ini yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan pembangunan infrastruktur di kota Dungu.

Editor: Widiyabuana Andarias