Rabu, 10 Juli 2013

Libatkan Polisi dan TNI Tertibkan Calo


TANGERANG - PT Angkasa Pura (AP) II menggandeng Polri dan TNI untuk memberantas calo tiket dan Taksi Gelap (TG) yang masih menjalankan aksinya di areal Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) selama mudik Lebaran 2013.

General Manager Terminal 2, Bandara Soetta, Saiful Bachri mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta dan TNI AU guna menertibkan calo dan TG yang masih bergentayangan di terminal internasional tersebut.

"Ini sudah menjadi program saya; Untuk area depan Terminal 2 D hingga 2 F harus bebas clari calo dan TG," terangnya, kemarin (9/7). Dia juga mengatakan PT AP II selaku pengelola bandara telah menyediakan areal khusus untuk TG di kanopi (jalan yang menghubungkan Terminal 2 dengan area parkir).

Karena itu para TG tidak diperkenankan nongkrong mencari penumpang di area lobi Terminal 2. "Kalau masih bandel ya terpaksa kami tangkap," cetusnya. Saiful juga mengatakan pihaknya sengaja tidak melarang secara tegas keberadaan TG di Bandara Soetta, ka­rena menyangkut mata pencaharian mereka.

"Ini masalah perut. Tentu kami harus fleksibel. Yang penting mereka tidak mengganggu penum­pang yang ada di lobi Terminal II," ucapnya juga. Sedangkan untuk calo, ujar Saiful juga, sangat jelas dilarang beroperasi di area lobi Terminal 2.

"Untuk menertibkan mereka kami harus kerja-sama dengan aparat terkait. Akan lebih efektif jika maskapai penerbangan membantu," paparnya.

Kebanyakan para calo menjual tiket maskapai penerbangan lokal. Sedangkan untuk maska­pai asing dan Garuda Indonesia sudah menerapkan sistem pemesanan tiket yang sangat baik. Untuk diketahui, di Terminal 2 Bandara Soetta terdapat 34 mas­kapai penerbangan yang bero­perasi. Dengan rincian 30 mas­kapai luar negeri dan empat maskapai dari dalam negeri.

"Sebenarnya upaya penertiban calo dan TG sudah setiap hari kami lakukan. Tapi mereka datang lagi dan datang lagi. Karena ini mata pencaharian mereka. Apalagi, para calon dan TG mayoritas warga yang tinggal di sekitar Bandara Soekarno-Hatta ini," paparnya juga.

Sementara itu, Kepala Sektor Keamanan Terminal 2, Polres Bandara Soetta, AKP Jajang men­gatakan pihaknya menempatkan 100 personel petugas setiap hari yang bertugas secara shift. (gin), Sumber Koran: Indo Pos (10 Juli 2013/Rabu, Hal. 14)