Minggu, 14 Juli 2013

Hingga malam ini, ratusan anggota TNI siaga di LP Tanjung Gusta

Reporter : Yan Muhardiansyah
Jumat, 12 Juli 2013 22:12:19

Suasana Lapas Tanjung Gusta, Medan pascakerusuhan kemarin malam sudah kondusif. Meski begitu, hingga Jumat (12/7) malam, ratusan anggota TNI dari Kodam I Bukit Barisan masih disiagakan di lokasi.

Prajurit itu sudah bersiaga sejak tadi pagi. Mereka berjaga di sekeliling lapas. Seluruh akses keluar masuk menuju kompleks lapas dijaga ketat. Sebagian besar tahanan sudah berada di blok-blok sel, tidak berkumpul lagi di bangunan depan seperti kemarin malam dan tadi siang.

Sejumlah masyarakat terutama keluarga napi yang terus berdatangan diminta untuk tidak mendekat. Para prajurit sebagian membantu petugas lapas memperbaiki dan menutup sejumlah pintu bangunan yang jebol dengan seng dan papan.

Sebelumnya, puluhan napi berkumpul di depan pintu Lapas Medan minta penghapusan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

"Kami sangat keberatan pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 dan PP 28/2006 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan," kata salah seorang napi di depan pintu gerbang Lapas Medan.

Hingga Jumat siang, pihak kepolisian sudah menangkap 65 orang dari sekitar 200 napi yang kabur. Penangkapan dilakukan di Medan, Belawan dan Langkat. Kepolisian juga masih terus memburu ratusan napi yang melarikan diri itu.

Korban tewas dalam peristiwa itu sebanyak lima orang. Dua petugas Lapas Medan, yakni Kepala Seksi Registrasi Lapas Tanjung Gusta Medan Bona Situngkir dan salah seorang pegawai Lapas Tanjung Gusta Medan HN Naibaho.


Tiga orang korban tewas lainnya adalah napi di Lapas Tanjung Gusta Medan. Data diperoleh, jumlah napi yang menghuni Lapas Medan tercatat sebanyak 2.016 orang, dan daya tampung hanya sekitar 1.050 orang dan terjadi kelebihan kapasitas. [bal]