Minggu, 07 Juli 2013

1.000 PNS, TNI dan Ormas Gelar Kerja Bakti Massal

Minggu, 07/07/2013 - 16:02

CIREBON, (PRLM).- Sedikitnya 1.000 pegawai negeri sipil (PNS), TNI/Polri, pelajar, BUMN/BUMD, ormas dan masyarakat menggelar kerja bakti massal, Sabtu (7/7/2013). Kerja bakti perdana yang melibatkan banyak unsur masyarakat tersebut, dilaksanakan di Stadion Bima.

Wali Kota Cirebon H Ano Sutrisno memimpin langsung kegiatan Cirebon bebersih. Menurut Ano, salah satu tujuan kerja bakti massal tersebut untuk mengembalikan Kejayaan Stadion Bima, yang kondisinya saat ini memprihatinkan. "Kegiatan Cirebon bebersih dilakukan sebagai bagian dari kegiatan penataan fasilitan publik diantaranya Stadion Bima," katanya.

Ano mengatakan, kegiatan bebersih dilakukan di semua kawasan kompleks Stadion Bima, baik yang merupakan aset Pemkot Cirebon maupun PT Pertamina. Kondisi stadion yang sempat menjadi ikon Kota Cirebon itu, saat ini memang memprihatinkan. Rumput ilalang, semak belukar tumbuh dimana-mana.

Kondisi paling memprihatinkan diperlihatkan gedung dan kolam renang prestasi "Chaterin Surya". Padahal kolam latihan dan prestasi tersebut, bertaraf internasional dengan fasilitas papan loncat, tribun penonton dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

Saat ini, fasilitas tersebut benar-benar diterlantarkan. Gedung megahnya kerap dimanfaatkan menjadi lokasi berbuat mesum dan kerap dijadikan tempat mangkal anak-anak geng motor. Di hampir setiap jengkal tembok gedung yang dulu megah dan tergolong mewah itu, penuh dengan coretan aksi vandalisme anak-anak geng motor. Kolam renangnya berisi air kotor dan sekitarnya penuh dengan semak belukar.

Ny. Rohyati (52) warga Kesambi yang rutin mengikuti senam setiap hari Minggu di kawasan kompleks Stadion Bima menyatakan kegembiraannya. "Kenapa tidak dari dulu digerakan kerja bakti massal seperti ini," katanya.


Menurut dia, 15 tahun lalu, stadion Bima menjadi stadion yang membanggakan warga Cirebon. (A-92/A-147)