Kamis, 02 Januari 2014

Tiga Panser TNI Kawal Pergantian Tahun di Kota Solo

Bramantyo - Okezone, Selasa, 31 Desember 2013 13:25 wib, SOLO - Sebanyak tiga panser milik TNI berjenis Panhard dan Anoa disiagakan untuk mengawal pergantian tahun baru nanti. Diperkirakan saat pergantian tahun, kota yang pernah dipimpin Joko Widodo (Jokowi) ini akan menjadi lautan manusia.

Komandan Korem 074/Waratratama Surakarta, Kolonel Mulyo Aji mengatakan keempat panser milik TNI tersebut ditugaskan untuk menyisir wilayah pinggiran kota selama berlangsungnya momen pergantian tahun baru, Selasa (31/12/2013) malam.

“Semua personel bersenjata lengkap. Kita akan siagakan tiga panser Panhard dan Satu Panser Anoa,” jelas Komandan Korem 074/Waratratama Surakarta, Kolonel Mulyo Aji di Solo, Jawa Tengah.

Selain menyiagakan tiga panser, pihaknya, ungkap Kolonel Mulyo Aji,  juga menyiagakan 1.430 personel yang merupakan gabungan dari TNI dan Polri.

Termasuk menerjunkan tim penanggulangan teror (Gultor), Penjinak bahan peledak (jihandak), Kompi Kaveleri Serbu (Kikavser), Yonif 408.

Sedang personel Polri menerjunkan, Brimob, Sabhara, Dalmas, Lantas, Intelkam, Reserse, serta Satuan Polisi Pamong Pradja, sudah tersebar di wilayah  Solo.

"Penyisiran ke wilayah yang dianggap rawan dipimpin langsung oleh kepada seksi pengamanan, Kapolsek di setiap kecamatan. Ini pengamanan standar karena banyak massa yang berkumpul saat pergantian tahun," paparnya.
Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Widdi Srihanto mengatakan dalam menyambut pergantian tahun baru, untuk tahun ke empat ini, Kota Solo kembali menggelar Car Free Night (CFN). Seperti CFN sebelumnya, ada tujuh titik di Kota Solo ini yang akan didirikan panggung hiburan.

Ketujuh titik yang akan didirikan panggung hiburan terbuka tersebut berada di depan Solo Grand Mall, Plasa Sriwedari, Perempatan Ngapeman (Ngarsopuro), Loji Gandrung, Bank Jateng, Bank Indonesia, terakhir di Balai Kota sebagai lokasi utama  puncak acara tahun baru. Acara Car Free Night dimulai pukul 21.00 WIB

“Selain panggung hiburan, di lima Kecamatan juga akan disajikan HIK atau angkringan gratis buat masyarakat Kota Solo. Khusus kembang api, tahun ini ditiadakan. Sebagai gantinya yaitu sirine yang akan dibunyikan bersamaan saat pergantian tahun,"pungkasnya. (put)