Kamis, 02 Januari 2014

322 Aparat Siap Amankan Tahun Baru

Selasa, 31/12/2013 11:30 WIB, Fajar Rillah Vesky, Payakumbuh, Padek— Sebanyak 422 aparat keamanan, baik dari Polri, TNI, Satpol PP, maupun Dinas Perhubungan, siap mengamankan malam pergantian tahun baru di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang jatuh pada Selasa (31/12) ini.

Kesiapan mengamankan malam pergantian tahun 2013 ke 2014 itu disampaikan Kapolres Payakumbuh AKBP Rubintoro Suhada dan Kapolres Limapuluh Kota AKBP Cucuk Trihono kepada Padang Ekspres, secara terpisah Senin (20/12).

Menurut Kapolres Payakumbuh AKBP Rubintoro Suhada, sejak perayaan Natal 25 Desember lalu, pihaknya sudah menyiagakan 200 personel Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

“200 Personel itu akan dikerahkan kembali untuk mengamankan malam perayaan tahun baru, terutama di titik-titik padat lalu lintas dan rawan kriminalitas. Seperti di pusat Kota Payakumbuh dan kawasan Ngalau Indah,” kata AKBP Rubintoro Suhada.

Sementara, Kapolres Lima puluh Kota AKBP Cucuk Trihono menyebutkan, jumlah personel Polri yang dikerahkan untuk mengamankan maitar 90 orang. Ditambah dengan satuan sampingan, baik TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan, jadinya 122 orang. “122 personel itulah yang akan kita turunkan di sejumlah-sejumlah titik yang diperkirakan akan padat pengunjung, seperti kawasan fly over Kelok Sembilan dan Lembah Harau. Disamping juga di pusat-pusat kecamatan,” kata AKBP Cucuk Trihono.

Di sisi lain, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku, Wakil Wali Kota Suwandel Muchtar, dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyirwan Yunus, mengajak, masyarakat untuk tidak berlebihan menyambut malam pergantian tahun.

Seperti tahun-tahun sebelumnya,  diprediksi ribuan warga Luak Limopuluah, dan warga kabupaten tetangga lainnya, akan berdatangan  ke pusat kota Payakumbuh, menyambut Tahun Baru 2014.

Untuk itu, kepada warga  yang  datang ke Payakumbuh, pasangan Riza Falepi dan Suwanel Muchtar, memelihara semangat persaudaraan dan kekeluargaan yang tinggi. Sehingga, dalam menyambut Tahun Baru 2014 itu, suasana kota tetap dalam kondisi kondusif.

“Kita sangat senang, jika pada malam menyambut Tahun Baru 2014, suasana kota tetap dalam kondisi yang kondusif, seperti yang sudah terpelihara selama ini,” ucap Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Suwandel Muchtar, saat dihubungi di Payakumbuh, Minggu (29/12).

Sementara, Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyirwan Yunus mengingatkan warga yang hendak menikmati malam pergantian tahun baru di kawasan fly over Kelok Sembilan dan Lembah Harau, agar tetap memperhatikan keselamatan diri.

“Jangan hura-hura di jalan raya, sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan,” imbaunya. [Red/Administrator]